Hadiri Rapat Paripurna Wabup Dompu Memaparkan Pemerintah Perlu Melakukan Revisi Perubahan APBD 2023

Screenshot_20230822-0610442.jpg

Dompu.NTB Benuanews.com – Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST. MT. menghadiri rapat Paripurna DPRD Kabupaten Dompu dan menyampaikan rancangan KUA/PPAS Perubahan dan penyampaian Raperda Pemda Dompu Tahun 2023.

Sidang Paripurna bertempat di ruang sidang DPRD Dompu, Paripurna mengagendakan penyampaian secara resmi rancangan KUA/PPAS perubahan APBD tahun anggaran 2023 dan Penyampaian Raperda Usulan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, (21/08/23).

Selain Wakil Bupati Dompu ikut hadir pada agenda sidang Wakil Ketua I dan II DPRD Dompu Muhammad Amin, S.Pd., dan M. Jamaluddin, S.Sos., Anggota DPRD, Pasi Intel Kodim 1614/Dompu Kapten Inf Adisan, Setwan DPRD Muhammad Amin.S.Sos.

Hadir Pula Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Pejabat Struktural dan Fungsional lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu dan Insan Pers baik cetak maupun elektronik.

Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST. MT dalam sambutannya mengatakan, kebijakan umum anggaran pendapatan dan belanja daerah merupakan landasan filosofis untuk merumuskan kebijakan dan sasaran program kegiatan pembangunan dalam satu tahun anggaran.

”Karena Kebijakan umum anggaran pendapatan dan belanja daerah selanjutnya menjadi acuan atau pedoman bagi seluruh OPD dalam menyusun rencana kegiatan pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah” Ungkapnya

Selanjutnya Wabup menambahkan sehubungan dengan evaluasi terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan tahun anggaran berjalan, dimana dijumpai beberapa aspek yang perlu dilakukan proses penyesuaian dan penyempurnaan terutama terkait pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023.

Berdasarkan hal tersebut maka pemerintah perlu melakukan revisi / perubahan APBD Tahun anggaran 2023.

Adapun Pendapatan Asli Daerah mengalami kenaikan target pendapatan sebesar Rp.2.284.000.000,00 sedangkan pada sisi pendapatan transfer terjadi kenaikan target sebesar Rp. 205.960.000,00.-

Dari sisi belanja, terjadi penyesuaian pada setiap kelompok belanja, pada belanja operasi terjadi penambahan sebesar Rp. 25.570.412.049,00 pada belanja modal terjadi penambahan sebesar Rp.11.764.311.396,00 sedangkan belanja tidak terduga mengalami pengurangan sebesar Rp.580.000.000,00 dan belanja transfer mengalami penurunan sebesar Rp.760.222.100,00.
Pada sisi pembiayaan, penerimaan pembiayaan bertambah sebesar Rp.33.504.541.345,00 yang bersumber dari silpa tahun 2022 hasil audit BPK, yang terdiri dari Silpa BLUD, Silpa Dana Bos, Silpa JKN, dan Silpa dari Rekening Kas Umum Daerah.

Berikutnya Wabup mengatakan, pada rapat paripurna juga akan disampaikan program pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kabupaten Dompu tahun 2023.

Telah disepakati ada 5 Raperda usul Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu yang akan disampaikan secara resmi, raperda ini nantinya akan dibahas kemudian disetujui bersama antara lembaga eksekutif dan legislatif menjadi Perda.

Adapun usulan Raperda Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu tahun 2023 yakni, Raperda tentang Penanggulangan Bencana Daerah, Raperda tentang Perlindungan Perempuan dan Anak, Raperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Raperda tentang Tambahan Penyertaan Modal pada BPR NTB dan Raperda tentang Tambahan Penyertaan Modal pada Bank NTB Syariah;

Menutup sambutannya H. Syahrul Parsan ST. MT menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Dompu, yang dengan penuh kearifan dan kebijakannya untuk mengagendakan acara ini sebagai wujud dari kepedulian dan komitmen yang tinggi dari dewan yang terhormat untuk terus melanjutkan pembangunan daerah ini.

“Kami berharap rancangan perubahan KUA dan PPAS dan raperda usul pemerintah Daerah Kabupaten Dompu tahun 2023 ini segera untuk dibahas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta bisa segera disepakati bersama”harapnya

Paripurna berlangsung aman tertib dan lancar dan diakhir acara dilakukan penandataanganan berita acara penyerahan Rancangan KUA/PPAS Perubahan APBD dan Penyampaian Raperda Pemda Dompu Tahun 2023. (Imran)

scroll to top