GMNI Flores Timur Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir dan Longsor di Adonara

Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) cabang Flores Timur memberikan bantuan sembako, pakaian, ada lat tidur dan obat obatan kepada korban banjir dan longsor di yang melanda desa saosina dan kelurahan waiwerang, Kecamatan Adonara Timur, Kab. Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Jumat.(9/4) 2021.

Puluhan kader bersama para alumni GMNI berangkat dari Sekretariat GMNI cabang Flores Timur menuju Kelurahan waiwerang, Adonara timur menggunakan Kapal motor nelayan Bhakti (NB).
Tiba di posko bencana SDI waiwerang, mereka membagikan bantuan sembako berupa beras, mie instan, minyak goreng dan telur ayam serta obat-obatan kepada korban bencana.
Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris cabang GMNI Flores Timur, Maryanti Sartika Lewowerang, selaku orang Adonara menyampaikan banyak terima kasih atas donasi dari sejumlah pihak.
“Saya Sekretaris DPC GMNI Flores Timur mewakili masyarakat Adonara mengucapkan terima kasih kepada pihak donasi (GMNI Flores Timur) yang telah membantu kami sehingga bantuan yang terkumpul dapat disalurkan kepada masyarakat,” ujarnya.
Namun begitu, lanjutnya, masih banyak masyarakat terdampak banjir yang belum mendapatkan bantuan secara merata.
“Masih banyak masyarakat yang terdampak dan belum mendapatkan bantuan seperti beras, pakaian, selimut, tikar, kelambu. Karena masyarakat tersebut kebanyakan mengungsi di rumah warga. Sedangkan pemberian bantuan yang tersalur itu di setiap posko-posko saja,” imbuhnya.
Maryanti juga menegaskan, pihaknya masih terus menanti bantuan dari sejumlah pihak.
“Sebab masih banyak desa/kelurahan yang membutuhkan bantuan,” kata Maryanti.
Lanjut Maryanti, kondisi terkini, masyarakat waiwerang masih berada di lokasi pengungsian Guna mengantisipasi kemungkinan adanya banjir susulan.
Diberitakan sebelumnya bahwa tepatnya pada tanggal 7 April beberapa kader GMNI cabang Flores Timur sudah berada di Adonara untuk menjadi relawan bagi korban bencana di Adonara.

Philipus Riberto Betan selaku koordinator lapangan juga memberikan saran bagi setiap posko tempat penampungan sumbangan untuk memberikan bantuan secara merata kepada setiap warga pengungsian kelurahan masing-masing. Sebab tidak semua warga mengungsi di posko tersebut.
Sekretariat GMNI Cabang Flores Timur yang juga menjadi Posko Bantuan Bencana, terus membuka donasi bagi siapa saja yang ingin membantu. Baik berupa barang maupun uang, tambah Yulius Ninu Badin selaku ketua DPC GMNI cabang Flores Timur.

“Semoga bantuan yang kami berikan serta donasi dari tiap-tiap orang, kelompok bahkan pemerintah dapat membantu mengurangi dan meringankan beban korban bencana banjir dan longsor di Adonara ini” pungkas Yulius.

Reporter Herry da Silva

scroll to top