Gandeng Polda Riau, Cipayung Plus Peduli Gelar Mudik Kebangsaan

IMG-20220426-WA0076.jpg

PEKANBARU,Benuanews.com – Kelompok Mahasiswa yang tergabung Cipayung Plus unjuk kepedulian bagi masyarakat pada momen lebaran 1443 H tahun 2022 kali ini. Dengan menggandeng Polda Riau, kelompok ini membantu masyarakat yang ingin pulang berlebaran dikampung halaman, menggelar mudik bertajuk “Mudik Kebangsaan” dengan tujuan daerah Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Momen tersebut diambil oleh kelompok Cipayung Plus dengan pertimbangan ingin memfasilitasi masyarakat berlebaran dikampung halaman setelah pemerintah mengijinkan kembali tradisi mudik lebaran.

Kapolda Riau Irjen Moh Iqbal menyambut baik gagasan yang diusung Mahasiswa kelompok Cipayung Plus tersebut dn langsung mwnyanggupi untuk membantu menyediakan sarana transportasi bus (kapasitas 40 seat) sebanyak 5 unit sehingga keseluruhan akan menampung 200 calon pemudik. Polda Riau juga akan memberikan pengawalan untuk kelancaran perjalanan rombongan.

Pelepasan rombongan Mudik Kebangsaan nantinya akan dilakukan langsung oleh Kapolda Riau pada Kamis siang (28/4) bertempat di depan Mapolda Riau jalan Pattimura no 13 Pekanbaru. Dari kelima bus tersebut direncanakan sebanyak 4 unit akan diberangkatkan tujuan Sumatera Barat dan 1 unit lainnya tujuan Sumatera Utara.

Ketua Perhimpunan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Riau Abdul Rouf mengatakan pihaknya bersama sama dengan seluruh organisasi yang tergabung dalam Cipayung Plus sangat berterima kasih kepada Kapolda Riau yang langsung merespon gagasan mereka dalam upaya membantu masyarakat mudik lebaran tahun 2022 ini.

“Kami dari kelompok Cipayung Plus yakni PMII, HMI, GMNI, GMKI, PMKRI, KAMMI, IMM, SEMMI dan HIMA PERSIS sangat berterimakasih kepada bapak Kapolda Riau Irjen Moh Iqbal, beliau langsung merespon gagasan yang kami usung ini, dengan bantuan berupa penyiapan 5 unit bus lengkap dengan pengawalannya, semata mata sebagai wujud kami membantu masyarakat yang sudah 2 tahun sebelumnya tidak mudik akibat dari adanya pandemi covid-19,” ujar Abdul Rouf.

“Kami coba untuk membantu memfailitasi masyarakat yang kesulitan transportasi sementara hasrat dan keinginan mudik sangat tinggi, namun tetap kami tekankan untuk menjaga protokol kesehatan demi keselamatan bersama,” imbuhnya

Sementara itu Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sulaimansyah mengatakan pihaknya berharap masyarakat bisa memanfaatkan Mudik Kebangsaan yang mereka gelar, dengan cara menghubungi pihaknya untuk didata

“Masyarakat yang hendak melakukan mudik lebaran khususnya tujuan Sumatera Barat dan Sumatera Utara silakan menghubungi nomer kontak person yang kami sertakan berikut : AKP Nursafniati (081276138007), Sulaimansyah (081364569109) dan Abdul Rouf (082389419407),” ujarnya.

Kapolda Riau Irjen Moh Iqbal melalui Kabid Humas Kombes Sunarto mengatakan pihaknya menyambut baik ide bagus dari adik adik mahasiawa, apalagi ditengah kondisi masyarakat saat ini, ide tersebut sebagai bentuk kepekaan mahasiswa.

“Bapak Kapolda mengapresiasi dan mendukung penuh gagasan ini. Beliau langsung menugaskan kami untuk mengintensifkan persiapan bersama adik adik mahasiswa untuk terselenggaranya kegiatan Mudik Kebangsaan ini, siap membantu masyarakat mudik lancar,” ujar Narto.

Narto turut menghimbau kepada seluruh masyarakat pemudik untuk mempersiapkan dengan baik kendaraannya dan tetap hati hati dijalan, patuhi rambu rambu lalulintas supaya selamat hingga tujuan. Juga agar menjaga kesehatan selama perjalanan dan jangan lupa tetap menjalankan protokol kesehatan,” tutupnya.(A-R)

scroll to top