Festival Kuliner Sumatera Barat, Kuliner Otentik Minangkabau Jelajah Nusantara Bersama Pos Indonesia

WhatsApp-Image-2022-02-18-at-21.37.06.jpeg

Padang, Benuanews.com,- Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, PT Pos Indonesia, ISMI, Polita, JSM, Perwira dan Randang JMK, mengadakan Festival Kuliner Sumatera Barat bertajuk “Kuliner Otentik Minangkabau Jelajah Nusantara Bersama Pos Indonesia”

Menurut Suryani Sabri, pengusaha Randang JMK, acara ini dilatarbelakangi oleh lesunya daya beli pasca pandemi. “Atas dasar itu, kami sepakat mengadakan Festival Kuliner Sumatera Barat dengan maksud agar para pengusaha kuliner yang sudah terpuruk akibat pandemi Covid-19 ini, bisa bangkit kembali” ujar Suryani Sabri.

Untuk tekhnis pelaksanaan, menurut Suryani Sabri ada 4 katagori kuliner yang dilombakan, 1. Jajanan pasar, 2. Sarapan pagi dan pabukoan, 3. Bumbu rendang basah dan kering dan 4. Aneka keripik balado. Masih menurut Suryani, tujuan diadakannya Festival Kuliner Sumatera Barat ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat cita rasa terbaik dan mempromosikan secara luas agar masyarakat lebih mengenal kuliner asal Minangkabau.

Festival kuliner ini sendiri akan berlangsung dari bulan Februari sampai bulan Maret 2022. “Insya Allah kita akan launching tanggal 25 Februari 2022 bertempat di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat jalan Sudirman Padang. Sementara untuk tahap seleksi akan dilaksanakan dari tanggal 27 Februari sampai 23 Maret 2022.

Ada beberapa langkah yang akan dilakukan agar para pelaku UMKM bisa mengikuti festival ini. Yang pertama, mereka harus mendaftar kepada pihak panitia. Yang kedua penentuan area, agar memudahkan peserta untuk mengirim produk dan ketahanan produknya. “Contoh lompong sagu, bumbu rendang dan keripik balado, itu untuk area Sumbar. Sebab ketiga produk tersebut tahan untuk beberapa hari. Sedang Bubur kampiun hanya untuk area Padang. Sebab dikhawatirkan kalau dari seluruh Sumbar dipastikan akan basi sebelum sampai di Padang” ungkap Suryani.

Ada 3 kegiatan selama acara, yang pertama lomba videografi dengan batas penyerahan sampai tanggal 23 Maret 2022. Pemenang akan ditentukan oleh subscribe terbanyak melalui channel YouTube.

Yang kedua, pengumpulan dan seleksi produk kuliner dengan batas penyerahan produk sampai tanggal 23 Maret 2022.
Yang ke tiga, penjurian yakni pengumuman
finalis pada tanggal 24 Maret 2022, yang mana setiap kategori terdiri dari 5 orang. Grand final akan dilaksanakan pada 27 Maret 2022.

Untuk hadiah, menurut Suryani ada 3 kategori, 1. Gold Investment dengan hadiah sebesar Rp 15 juta. 2. Platinum Investment dengan hadiah Rp 20 juta dan 3. Titanium Investment dengan hadiah Rp 25 juta.

Guna menunjang dan mempromosikan Festival Kuliner Sumatera Barat ini, pihak panitia memanfaatkan IG, YouTube, WA, media cetak dan elektronik. Disamping itu panitia juga menebar spanduk ditempat-tempat strategis agar masyarakat bisa tau kalau sekarang ada Festival Kuliner Sumatera Barat.

(Marlim)

scroll to top