Dukung Nikah Gratis Di MPP Balaikota, Kepala Kemenag Apresiasi Wali Kota Riza Falepi

IMG-20210622-WA0031.jpg

Payakumbuh – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh Ramza Husmen menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Payakumbuh dengan menyediakan fasilitas nikah gratis di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berada di lantai 1 Kota Payakumbuh.

“Terimakasih Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi yang telah memfasilitasi MPP yang sangat representatif. Mari kawan-kawan kita optimalkan konter Kemenag di MPP sebagai pusat informasi pelayanan Kemenag yang bisa mengakses pelayanan apa saja dengan lengkap SOP masing-masing pelayanan,” kata Ramza saat diwawancara media, Selasa (22/6).

Sejak diresmikan pada 2019 lalu, sudah ada sekitar 100 pasang pengantin berhasil melangsungkan akad nikah di MPP Payakumbuh, semuanya diminati dari setiap KUA Kecamatan. Seharusnya, nikah gratis bisa dilaksanakan setiap hari, namun karena pandemi Covid-19, ada kebijakan membatasi dalam menggelar acara keramaian, sehingga dilaksanakan saat kondisi zona sudah benar-benar membaik.

Ramza juga menyampaikan sinergi antara Pemkondengan Kemenag telah berjalan lama, salasatunya dengan adanya program Sini Kakek Seleb (SIap NIkah KArtu KEluarga SELesai diBerikan). Keberadaan MPP dinilai Ramza mendongkrak kerjasama pemko dengan instansi vertikal terkait pelayanan publik, sebagai mitra kerja yang saling mendukung.

“Dengan datang ke konter kemenag di MPP Kota Payakumbuh sudah sama nilai info yang diperoleh dengan ke kantor Kemenag di Sawah padang, 5 Kantor KUA, dan madrasah-madrasah se Kota Payakumbuh, disini sama pelayanannya,” terang Ramza Didampingi Kasi Bimas Islam Hamdan.

Diinformasikannya, Menteri Agama RI sudah melaunching terkait revitalisasi KUA, dimana pelayanan serba digital, pelayanan mudah, cepat, dan transparan. Pelayanan itu mencakup nikah, haji, pendidikan, pondok pesantren, dan lain-lain.

“Ini juga akan dioptimalkan dengan keberadaan konter Kemenag di MPP Payakumbuh,” terang Ramza.

Ramza optimis, Kemenag Payakumbuh saat ini ikut mencanangkan Zona Integritas, dari 19 Kabupaten Kota. Hanya 3 yang lolos yakni Kemenag Payakumbuh, Kota Padang Panjang, dan Kabupaten Pesisir Selatan.

“Keberadaan MPP di Balaikota sangat mendongkrak nilai pelayanan publik kita, kami tentu sangat mengapresiasi apa yang telah dibangun oleh Wali Kota Riza Falepi,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Riza Falepi menyampaikan rasa syukur atas pelayanan di MPP yang kian diminati dan dirasakan masyarakat. Riza menyebut keberadaan MPP yang memiliki banyak layanan publik itu diharapkan dapat memberikan kebahagiaan kepada masyarakat.

“Pelayanan publik itu penting sebagai bukti hadirnya pemerintah kepada masyarakat, kita dukung Kemenag Kota Payakumbuh mewujudkan zona integritas,” pungkas (yuni)

scroll to top