Dukuhtengah Salurkan BLT Dana Desa, Periode Januari, Februari dan Maret

https://Benuanews.com-Kab Tegal, Benuanews.com – Pemerintahan desa Dukuhtengah menyalurkan BLT DD tahap ke-satu sebesar 300 ribu rupiah per Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penerima BLT-DD untuk periode Januari, Februari dan Maret Sebasar Rp. 900 ribu rupiah bertujuan untuk mengurangi kemiskinan yang ada didesa.

Pemerintahan Desa Dukuhtengah menganggarkan dan melaksanakan kegiatan prioritas yang bersumber dari Dana Desa, salah satunya yakni tentang program pemulihan ekonomi, berupa perlindungan sosial dan penanganan kemiskinan ekstrem dalam bentuk BLT Dana Desa.

Adapun ketentuannya yang dianggarkan 10 persen sampai dengan 25 persen dari anggaran Dana Desa, dengan kriteria KPM BLT DD sesuai aturan yakni, keluarga miskin yang berdomisili di Desa bersangkutan dan terdaftar dalam keluarga desil 1 data sasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem” ungkap Waris diaula Balai Desa, Selasa Juni 2023 siang.

Untuk kriteria penerimaan BLT DD, Kepala Desa, Dukuhtengah menuturkan, yakni pertama kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis atau difabel, keluarga yang tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan dan rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

“Bila setelah ditetapkan terdapat perubahan keluarga atau penambahan jumlah KPM BLT DD, Kepala Desa menetapkan keputusan kepala Desa, setelah dilaksanakannya musyawarah Desa khusus atau musyawarah,” urainya.

Nantinya dengan besaran 300 per KPM setiap bulannya, dalam penyaluran BLT DD Kepala Desa dapat menyalurkan BLT tersebut setiap bulan kepada KPM atau sekaligus 3 bulan langsung, oleh karena itu diharapkan kepada semua RT/RW dalam pendataan KPM guna penyaluran BLT-DD tersebut agar dilakukan pendataan yang teliti dan BLT DD tersebut diberikan kepada KPM yang berhak menerima, tutupnya.(David)

scroll to top