Dorong Tercapainya Akses Air yang Aman dan Layak, Pemkab Dukung Profesionalisme KP-SPAMS

IMG-20210909-WA0055-1.jpg

Di Solsel, Total 13.497 Pipa Air Disambungkan Pamsimas kepada Masyarakat.

Padang Aro, kabardaerah.com — Kelompok Penyelenggara Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Masyarakat (KP-SPAMS) selaku lembaga yang menjamin pengelolaan dan keberlangsungan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis nagari, diharapkan mampu menjalankan fungsi dan perannya secara profesional.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi membacakan sambutan tertulis Bupati Khairunas dalam pembukaan pelatihan KP-SPAMS se-Solok Selatan di aula Sarantau Sasurambi, Kamis (9/9/2021).

“Kami berpesan, Jalankanlah fungsi dan peran KP-SPAMS secara profesional, agar dapat membantu pencapaian target yang di buat oleh pemerintah untuk pencapaian akses Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat pada tahun 2024 nanti,” ujar Wabup.

Dia juga mengharapkan agar peran aktif pemerintah nagari yang nagarinya terdapat lokasi PAMSIMAS juga terus ditingkatkan, agar semakin banyak masyarakat yang bisa merasakan dampak positif dari keberadaan Pamsimas tersebut.

Menurutnya, sejak Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Solok Selatan semenjak tahun 2008 silam, telah berhasil menyalurkan sambungan pipa PAMSIMAS ke rumah-rumah penduduk sebanyak 13.497 sambungan yang di kelola oleh 151 Kelompok.

Wabup menambahkan, bahwa semenjak digulirkan 2008 silam, total nilai aset PAMSIMAS mencapai Rp.38.300.341.200,- yang terdiri dari Dana APBN Sebesar Rp.31.169.349.800,- dan Dana APBD Solok Selatan sebesar Rp.7.130.991.400,-

Nilai aset yang cukup fantastis tersebut, tambahnya jangan sampai tersia-siakan karena ketidak pedulian dan sikap ego sektoral diantara kita, apalagi di masa pandemi yang membuat ekonomi semakin sulit

“Perlu Bapak/Ibu ketahui bahwa APBD kita jumlahnya sedikit, ditambah lagi tersedotnya anggaran untuk refokusing guna penanggulangan wabah Covid. Jadi tolong di rawat dan di jaga apa-apa yang telah kita bangun tentu tidak terbatas pada aset PAMSIMAS saja juga Aset-aset yang lainnya, sehingga kita tidak membangun itu-itu saja sepanjang tahun,” ujar Wabup mewanti-wanti. (Hy)

scroll to top