Curah Hujan cukup Tinggi , Sungai Batang Kampar Meluap Mengakibatkan Nagari Galugua Terendam  Banjir 

IMG-20220111-WA0009.jpg

Limapuluh Kota , -Benuanews.com   Hujan deras yang mengguyur di beberapa lokasi dengan intensitas cukup tinggi mengakibatkan banjir terutama di Nagari Galugua Kecamatan Kapur lX Kabupaten Limapuluh Kota (10/1/22) ,akibatnya puluhan rumah warga terendam banjir , tambah lagi meluapnya Sungai Batang Kampar , setinggi lutut orang dewasa 

Hal ini juga dibenarkan oleh wali Nagari Galugua Zulfahmi ,menurutnya ini bukan kali ini saja terjadi banjir yang melanda Galugua .

Menurut mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota  Ferizal Ridwan, solusi untuk penangan di galugua itu, pertama mesti dilakukan pengerukan sungai secara besar besaran dan materialnya dijadikan timbunan  jalan dan jalan galugua tanjung jajaran yang 5 KM, dan kita berharap Pemda bisa membuat kajian setidaknya melakukan tanggap darurat sebut buya sapaan akrab Ferizal Ridwan .

Kedua tranmigrasi yang ada disana mesti dilanjutkan pembangunannya, sehingga kemudian akan bisa dipindahkan masyarakat yang tinggal dibantaran sungai itu ke bantaran tranmigrasi.

Hal tersebut juga diungkapkan salah satu warga, hujan lebat yang terjadi membuat sungai meluap dan berakibat pemukiman masyarakat terendam. Jumlah rumah yang terendam di Jorong Koto Tangah Nagari Galugua itu mencapai puluhan rumah,iya benar adanya banjir di Nagari kami ,namun berapa banyak jumlah rumah terendam kami belum tau pasti sebutnya 

 Terkait banjir yang merendam beberapa rumah  di Nagari Galugua Kecamatan Kapur IX, banjir juga  merendam lahan pertanian, untuk itu  masyarakat melakukan aktifitas  mengunakan  sampan ,untuk keperluan masing – masing masyarakat setempat  (Julian) 

scroll to top