“Calistung” Kata Unik Diucapkan TNI Tingkatkan Semangat Belajar Anak Di Perbatasan

IMG-20210328-WA0048.jpg

Keerom – Anggota Satgas Yonif Mekanis 512/QY Pos Kalipay memiliki cara tersendiri yang bisa di bilang unik untuk menarik minat anak-anak dan meningkatkan semangat saat memberikan bimbingan belajar di salah satu rumah masyarakat di Kampung Pund, Distrik Waris Kab. Keerom.

“Calistung” adalah kepanjangan dari cara membaca, menulis dan berhitung yang biasa di ucapkan oleh anggota Pos Kalipay saat sedang memberikan bimbingan belajar, ketika mendengar kata sederhana tersebut anak-anak menjadi tertawa dan bersemangat lagi untuk belajar.

Hal ini disampaikan Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Taufik Hidayat dalam rilis tertulisnya, Sabtu (27/03/2021).

“Masing-masing Pos di jajaran kami memiliki cara yang berbeda-beda dalam memberikan bimbingan belajar kepada anak-anak, salah satunya Pos Kalipay yang memecahkan suasana jenuh dengan mengucapkan kata “Calistung”, anak-anak menjadi bersemangat kembali ketika mendengar kata tersebut” terang Dansatgas.

Ini merupakan suatu wujud nyata kecintaan TNI kepada anak-anak di perbatasan demi meningkatkan semangat belajar di tengah-tengah pandemi Covid-19, dan untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Sementara itu, Edowardus Burman Tenjap (10) salah satu anak kelas IV sekolah dasar yang ikut dalam bimbingan belajar oleh Pos Kalipay tersebut mengaku bahwa merasa senang dan bangga karena di bimbing cara membaca, menulis dan berhitung langsung oleh TNI yang bertugas menjaga perbatasan, ia juga berharap agar anggota Pos sering datang ke Kampung.

“Saya senang kalau abang tentara bilang Calistung, kita semua dan teman-teman senang abang tentara ajari kita berhitung matematika, semoga besok abang datang lagi ke sini untuk ajari kita lagi” ucap siswa kelas IV itu. Tim

scroll to top