Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M. Menghadiri sekaligus menjadi pembina Apel Siaga Dalam Rangka Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Pelepasan Vaksin PMK.

WAY KANAN, benuanews.com – Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M. Menghadiri sekaligus menjadi pembina Apel Siaga Dalam Rangka Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Pelepasan Vaksin PMK di Kabupaten Way Kanan, Bertempat di Halaman Kantor Camat Baradatu. Rabu (29/06/2022)

Dalam amanatnya Bupati Adipati menjelaskan bahwa Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menjadi isu utama di Indonesia, sejak Bulan April tahun 2022 yang lalu muncul pertama kali di Provinsi Aceh dan Jawa Timur, penyakit ini menjadi semakin berkembang karena penyebarannya sangat cepat dan berdampak pada kerugian ekonomi bagi masyarakat.

Pada minggu ke dua bulan Mei tahun 2022 yang lalu Penyakit Mulut dan Kuku ini telah ditemukan di Provinsi Lampung, diantaranya di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Mesuji, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung Timur dan Kota Metro, dimana penyakit ini telah menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan babi.

“Untuk itu penyebaran PMK ini harus segera kita atasi dengan mengambil langkah-langkah yang komprehensif”, Ucap Bupati Adipati.

Bupati Adipati berharap kepada Petugas Peternakan dan Kesehatan Hewan serta Petugas Penyuluh Lapangan setelah melakukan Apel Siaga dan melepas vaksin PMK, untuk melakukan vaksinasi masal kepada ternak sapi, kambing, domba dan babi di wilayah binaannya masing-masing, selain vaksinasi, Pemerintah Kabupaten Way Kanan telah memfasilitasi kegiatan pencegahan dengan memberikan bantuan vitamin sebanyak 180 botol vitamin dan 100 liter disinfektan yang telah didistribusikan ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Way Kanan.

Bupati Adipati menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Gubernur Lampung melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi, Balai Veteriner Lampung yang telah melakukan pendampingan, Para Peternak dan Pelaku Usaha (belantik) serta kepada seluruh pihak yang berkontribusi terhadap upaya pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Way Kanan. (Sarnubi)
Sumber : Protokol dan Komunikasi Pimpinan Way kanan

scroll to top