Bupati Dompu Membuka Acara Kompetisi Sepakbola Antar Pelajar SMA Sederajat

Screenshot_20240907-2139482.jpg

Dompu,NTB.Benuanews.com.Keinginan untuk mengembangkan olahraga sepak bola di Kabupaten Dompu sebuah kompetisi sepakbola tingkat pelajar SMA sederajat guna memperebutkan piala Bupati CUP Pertama 2024 segera bergulir.

Kompetisi Bupati CUP yang dijadwalkan bakal berlangsung mulai tanggal 08 September sampai 30 Desember mendatang di Lapangan Sepak bola Kelurahan Kandai Dua, Kecamatan Woja,Kabupaten Dompu, NTB resmi di buka.

Berlatar belakang kepedulian terhadap perkembangan bibit-bibit sepak bola masa depan Indonesia, kompetisi sepakbola piala bergilir Bupati CUP diharapkan bisa menjadi wadah kompetisi sepak bola antar SMA di tingkat Kabupaten Dompu.

Kompetisi ini merupakan langkah besar dalam mendukung perkembangan olahraga di Kabupaten Dompu, khususnya sebagai inisiator dalam kompetisi sepakbola pelajar di Tanah Air yang mendorong lahirnya bibit-bibit pesepak bola profesional masa depan.”

Sementara itu, penyelenggaraan kompetisi Sepakbola antar SMA Sederajat se Kabupaten Dompu telah mendapat dukungan dan izin resmi dari induk sepak bola Indonesia, yakni PSSI.

Tak hanya itu, dalam penyelenggaraanya kompetisi ini akan menggunakan wasit dengan lisensi PSSI demi menjamin integritas dan profesionalisme kejuaraan.

Pembukaan kompetisi sepakbola antar pelajar SMA Sederajat berlangsung pada Sabtu, 7 September 2024, pukul 17.00 WITA, di Lapangan Olahraga Kelurahan Kandai Dua, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah tokoh penting, termasuk Bupati Dompu H.Kader Jaelani, Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan ST,MT,, Ketua PKK Hj. Lilis Suryani, beberapa anggota DPRD Dompu, Unsur Forkopimda Kabupaten Dompu, Ketua KONI Dompu Kisman Pangeran SH, Staf ahli Bupati dan Asisten Lingkup Sekda Dompu, pimpinan OPD Pemda Dompu, Camat Woja beserta Unsur Muspika Kecamatan Woja, Kabid Dikmen Dikbud NTB/ pejabat yang memiliki, Lurah Kandai Dua Beserta Jajaran, Ketua dan Pengurus PSSI Dompu, Kepala Sekolah dan Tim Peserta Kompetisi, Toga, Toma, Tokoh pemuda, Tokoh Perempuan. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Asosiasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Dompu.

Acara dimulai dengan doa yang dipimpin oleh tokoh agama Kelurahan Kandai Dua, H. Yakub A. Wahab, diikuti laporan dari Ketua Panitia, Abdullah HAR. Dalam laporannya, Abdullah menjelaskan bahwa kompetisi ini diikuti oleh 24 klub dari sekolah-sekolah yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Dompu. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menyeleksi bakat-bakat pesepak bola muda Kabupaten Dompu yang dipersiapkan untuk seleksi Tim Nasional U17 tahun 2024.

Ketua panitia penyelenggara kompetisi sepakbola antar pelajar SMA Sederajat dalam rangka memperebutkan piala Bupati CUP Pertama dalam sambutannya mengatakan “kegiatan ini merupakan salah satu program jangka pendek pengurus kami yang baru dibawah pimpinan ketua Askab Suharlin ST, rangkaian kegiatan ini berkaitan dengan kalender nasional Bupati untuk kegiatan piala suratin tahun 2024 ini antara bulan Oktober -Desember. Kompetisi ini di ikuti oleh 24 Peserta atau club perwakilan tiap sekolah yang tersebar di Delapan Kecamatan yang ada di Kabupaten Dompu.” Singkatnya

Sekertaris Dikpora Kabupaten Dompu Ismail S.Sos dalam sambutannya ” Kami dari pihak Dikpora sebagai sektor ledi kami akan mendukung penuh semuanya mudah-mudahan kedepannya akan terus berlanjut sebagai bentuk kerjasama kita untuk kemajuan pesepakbola di kabupaten Dompu dan anak-anak kita yang menjadi peserta sepakbola hari ini akan di uji kemampuannya sebagai petarung sejati.” Tegasnya

Ketua PSSI Kabupaten Dompu, Suharlin, ST, yang juga anggota DPRD Dompu terpilih pada Pemilu April 2024, dalam sambutannya mengatakan dirinya memimpikan semua orang di dompu mau mengurus persepakbolaan dengan perasaan cinta.

“Saya ingin semua orang mencintai sepak bola di Dompu. Cinta identik dengan warna pink, dan itu menjadi alasan mengapa saya memilih warna pink untuk seragam panitia hari ini. Sepak bola tidak bisa dikelola oleh satu orang, tetapi membutuhkan dukungan dari banyak pihak, termasuk pemerintah daerah dan masyarakat,” jelas Suharlin ST

Dia juga menambahkan bahwa kompetisi piala Bupati Cup ini merupakan bagian dari persiapan menyambut Liga 3 dan Piala Suratin yang akan digelar pada bulan Oktober 2024.

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani, dalam sambutannya juga menegaskan pentingnya sepak bola sebagai bagian dari pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang sehat. “Sepak bola memang membutuhkan biaya besar, namun gengsi yang dihasilkan juga sangat tinggi. Saya berharap ada pesepak bola dari Dompu yang mampu berprestasi di tingkat nasional,” Ungkapnya.

Acara pembukaan kompetisi Bupati Cup ini ditutup dengan tendangan bola pertama oleh Bupati Dompu, yang menjadi penanda resmi dimulainya pertandingan Bupati Cup 2024 dari tanggal 8 hingga 30 oktober mendatang. Kompetisi ini diharapkan menjadi wadah bagi talenta muda Dompu untuk menunjukkan kemampuan mereka serta meraih kesempatan berkiprah di tingkat yang lebih tinggi.

(Imran Khan)

scroll to top