Buka Sosialisasi Adminduk, Bupati Minta Camat dan Kades Siapkan Ruang Pelayanan Publik

IMG-20221123-WA0040.jpg

Bangko.(Benuanews.com) – Bupati Merangin H. Mashuri melalui Asisten I Setda Merangin H. Abdul Gani membuka secara resmi acara Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bagi para Camat dan Kepala Desa dalam Kabupaten Merangin, Rabu 23 November 2022.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Merangin di Aula Hotel Royal ini dihadiri oleh Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Merangin dan dibagi menjadi beberap sesi dan beberap hari.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan kegiatan ini sangat penting diselenggarakan, mengingat Merangin belum lama ini melantik ratusan Kepala Desa. Dan beberapa diantaranya melakukan rotasi dan pergantian staf desa, sehingga perlu untuk dilakukan sosialisasi kembali untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pelayanan.

Pemerintah meminta kepada seluruh Kades dan Camat yang hadir agar menyiapkan satu ruangan yang digunakan sebagai ruang pelayanan publik. Hal ini sesuai dengan program yang telah diluncurkan oleh Dinas Dukcapil, berupa aplikasi online.

“Kepada seluruh Kades dan Camat, siapkan satu ruangan yang nantinya digunakan untuk melayani masyarakat yang akan mengurus administrasi, baik itu KK, akte kelahiran atau kematian, bahkan surat pindah domisili,” buka Asisten.

Hal ini sebagai bentuk upaya melayani masyarakat, sehingga memudahkan warga yang akan mengurus surat-surat administrasi kependudukan dan tidak harus ke Kabupaten.

“Kita sangat berterimakasih atas dilaksanakannya sosialisasi ini. Kenapa ini penting, agar Kades-kades baru bisa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dan segera menyesuaikan bagaimana pelayanan pencatatan kependudukan di wilayah masing-masing,” sebut Asisten.

Ditambahkan juga olehnya, akhir Desember tahun ini semua desa yang ada di Merangin sudah melakukan peningkatan pelayanan Adminduk dan bisa menggunakan aplikasi online ini.

“Untuk target pencapaian, akhir Desember tahun ini semuanya harus sudah terlaksana, dan nanti akan kita evaluasi,” tutup Asisten I.

(Tim redaksi)

scroll to top