Bawaslu Serahkan Santunan Bagi Pengawas Pemilu 2024 di Kabupaten Agam

IMG-20240327-WA0015.jpg

Benuanews. Agam. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar menyerahkan dana santunan kepada pengawas ad hoc pada Lingkungan Bawaslu Kabupaten Agam  yang bertugas pada Pemilu 2024 di Kabupaten Agam, Rabu (27/3/24) di Kantor Kantor Camat Kamang Magek. Santunan diberikan kepada tiga  pengawas ad hoc pemilu dengan kategori yang beragam.

Kepala Bawaslu Sumbar Alni yang didampingi Oleh Ketua Bawaslu Agam Suhendra beserta jajaran merinci, satu orang Koordinator Sekretariat Panwascam Kamang Magek meninggal dunia pada saat bertugas atas nama Erinaldi. Kemudian dua orang mengalami luka sedang dalam kecelakaan  pada saat menjalankan tugas yaitu Panwascam Sungai Pua atas nama Andika Mulia dan Pengawas TPS di Kec. Baso.” ujarnya.

Adapun pengawas pemilu yang mengalami kecelakaan kerja ini tersebar di tiga Kecamatan. Yaitu Kamang Magek, Sungai Pua dan Baso. Besaran santunan yang diberikan kepada pengawas pemilu ini untuk yang meninggal sebesar Rp 46.000.000 juta. Terdiri dari Rp 36.000.000 untuk santunan kematian dan Rp 10.000.000 untuk biaya pemakaman. Sedangkan untuk dua orang dengan kategori  luka sedang mendapatkan santunan sebesar Rp 8.250.000 per orang.

Dia menegaskan, proses pemberian santunan ini sudah mengacu pada Keputusan Bawaslu RI nomor 11/HK.01.00/K1/11/2023 tentang Petunjuk Teknis Pemberian Santunan Kecelakaan Kerja Ad Hoc dalam Melaksanakan Tugas dan Kewajiban Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu.

Ketua Bawaslu Sumbar Alni menyampaikan, proses pemberian santunan ini telah melalui proses verifikasi dengan melibatkan team yang dibentuk. Verifikasi ini untuk menentukan layak atau tidaknya pengawas pemilu tersebut mendapatkan santunan kecelakaan kerja.

Dari hasil verifikasi oleh tim Bawaslu bahwa tiga pengawas pemilu yang mendapatkan santunan memang mengalami kecelakaan kerja.

Kegiatan ini juga disaksikan oleh Anggota Bawaslu Sumbar, Benni Aziz, Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar, Karnalis Kamaruddin, Kepala Sekretariat Bawaslu Agam, Yuli zamra dan para Ahli waris dan keluarga pengawas penerima santunan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Agam pada kesempatan ini memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi dan pengabdian yang dilakukan unsur pengawas pada Pemilu serentak 2024.

Santunan yang diserahkan, diharapkan dapat sedikit meringankan biaya pengobatan pengawas yang mengalami kecelakaan kerja, tutup suhendra.

(Eko)

scroll to top