Batik Padang Basurek bingkuang (Refans house)terima lawatan pembelajaran batik dari Malaysia

IMG-20220707-WA0003-1.jpg

Padang, Benuanews.com,- Akademi Pembangunan PKS dan Keusahawanan Malaysia University Tekhnologi MARA mengadakan kunjungan ke Reffan House/Batik Padang Basurek Bingkuang jalan Pramuka Padang, Rabu 6 Juli 2022. Kedatangan 13 orang mahasiswa, 2 dosen UITM dan 2 dosen UNP Padang ini di sambut langsung Ouwner Reffan House Bunda Een Reffans.

Kepala UPT Pengembangan Karier dan Kewirausahaan UNP Prof Asmar Yulastri, M.Pd. Ph. D yang memimpin rombongan mengatakan maksud dan tujuan dari kunjungan ini adalah untuk melihat secara langsung proses produksi batik.

Selain melihat proses pembuatan batik, maksud kunjungan ini juga untuk memberikan pengalaman tentang dunia usaha secara global, sekaligus agar para mahasiswa dapat memahami suasana berwirausaha di dalam dan luar negeri.

Program ini diharapkan dapat memberikan kepercayaan diri dan kemampuan dalam Tekhnik berkomunikasi diantara mahasiswa dan pengusaha atau dunia industri di Indonesia. Kunjungan ini juga merupakan metode yang sangat efektif dalam memperoleh pengetahuan konten pedagogis pengusaha yang mendasar dalam program USP.

“Ini merupakan kerja nyata UNP dalan memajukan dunia industri Sumatera Barat” ujar Prof Asmar Yulastri.
Lawatan dari negeri jiran ke industri batik Padang dibawah naungan Bunda Een Reffans ini untuk mempelajari membatik praktis yang langsung bisa.

Terlihat mereka sangat serius belajar dan berjanji akan berkunjung lagi pada masa mendatang. “Mudah-mudahan akan lebih banyak kunjungan seperti ini, sehingga akan membawa dampak yang bagus terhadap dunia pariwisata di Sumbar” ungkap Prof Asmar.

Sementara Bunda Een Reffans kepada benuanews mengatakan, industri batik Padang yg terletak di jln Pramuka ini
adalah salah satu industri batik yang sepanjang waktu memberikan pelatihan untuk masyarakat secara gratis

“Sebagai orang asli Minang yang peduli dengan UMKM, saya ingin agar pelaku UKM di Sumbar bisa naik kelas, sehingga apa yang dihasilkan oleh UMKM tersebut bisa menembus pasar internasional” ujar Bunda Reffans.

Disamping itu, Bunda Reffans juga ingin ikut menyukseskan program unggulan Gubernur Sumbar yakni menumbuhkan 100 rb UMKM secara nyata. “Terimakasih kita ucapkan kepada UNP yang telah ikut secara nyata membangun dan mengembangkan industri kecil Sumbar
Semoga ini akan di ikuti juga oleh perguruan tinggi lain dan masyarakat minang dimana pun berada” ungkapnya

Bagi masyarakat yang ingin belajar keterampilan praktis menyulam, membordir, jahit dan membatik secara gratis silahkan datang ke jln Pramuka no 2 Padang, atau dapat menghubungi no 081267201642

(Marlim)

scroll to top