Bantuan Kemanusiaan, Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Obati Warga yang Terkena Luka Robek di Wilayah Perbatasan RI-PNG

IMG-20211025-WA0020.jpg

KEEROM, –benuanews.com Dalam rangka memberikan pertolongan pertama kepada warga, tim Kesehatan Pos Bompay Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista dengan sigap memberikan pertolongan pertama kepada Bapak Yurlens Horota (43) yang terluka akibat terkena sabetan parang di bagian kaki kirinya di Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Senin, (25/10/2021).

Dansatgas mengungkapkan menurut laporan yang diterima bahwa korban dibawa ke Pos Bompay Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista oleh tetangganya yaitu Bapak Marfel Wamea (37) menggunakan sepeda motor dan harus menempuh perjalanan selama 30 menit untuk tiba di Pos Bompay dengan maksud untuk mendapatkan pertolongan pertama kesehatan dari tim kesehatan Satgas.

“Dari keterangan tetangga korban, bahwa korban yang tinggal sendiri tanpa keluarga ini mengalami luka karena sabetan dari parang yang dipakainya mencari kayu bakar di hutan,” ucap Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danpos Bompay Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Serka Cecep Kusuma mengungkapkan bahwa pada saat datang ke Pos Bompay kaki korban sudah mengalami pendarahan yang lumayan parah, sehingga tim kesehatan satgas segera menyiapkan peralatan medis untuk mengobati luka korban.

“Setelah luka diperban, selanjutnya korban diberikan obat anti nyeri dan antibiotik untuk mencegah infeksi guna mempercepat penyembuhan pada lukanya, tidak lupa Bintara Kesehatan kami Sertu Purzazin berpesan agar korban kembali lagi setelah 3 (tiga) hari untuk kontrol kondisi luka pada kaki kirinya,” tutur Cecep.

Sementara itu, warga yang merupakan korban luka robek pada kakinya Bapak Yurlens Horota (43) menyampaikan ucapan banyak terimakasih kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Bompay atas semua pertolongan yang telah diberikan dan diterimanya, pelayanan kesehatan yang diberikan oleh bapak-bapak tentara sangat ramah dan sangat cepat memberikan pertolongan kepada kami warga yang mengalami luka robek.

“Ini pengalaman baru yang saya alami, ternyata bapak-bapak Tentara sangat baik dan ramah sekali, mau bantu obati luka saya walaupun saya tidak pegang uang, terimakasih bapak tentara,” ucap Yurlens. (Pen Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP)

scroll to top