Banjir Hanyutkan Satu Rumah di Depan SPBU Monggong Lubuk Basung

Lubuk Basung (benuanews sumbar) – Karena curah hujan tinggi terjadi genangan air sedalam 80 cm di Jalan Gajah Mada, sehingga terjadi kemacetan selama satu jam lebih, tepanya didepan SPBU Monggong Surabayo Kecamatan Lubuk Basung Kabaupaten Agam Sumatera Barat. Minggu (30/8).

Pantauan dilapangan terlihat genangan air di depan SPBU tersebut, sehingga jalur dua tersebut tidak bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat, lebih kurang satu jam, sampai volume air menyusut.

Salah seorang masyarakat yang ada di tempat tersebut, Deki (39) menyampaikan hujan sangat lebat sore ini terutama didaerah hulu seperti pasar Lubuk Basung dan daerah siguhung, mengakibatkan banjir didaerah ini.

“tidak biasanya banjir terjadi seperti ini, karena hujan terlalu lebat dihulu, sehingga mengakibatkan banjir di daerah SPBU, mengakibatkan kendaraan tidak bisa melewatinya. Ujarnya.

Dia menambahkan, awalnya banjir terjadi dibelakang Komplek Perumahan Kubang tepatnya daerah Persawahan, akan tetapi, tidak lama merembes ke jalan di didepan SPBU atau jalan raya, air diperkirakan mencapai 80 cm atau setinggi lutut orang dewasa.

Dilain Pihak lain Ozi (35) juga menyampaikan, banjir yang terjadi juga menghayutkan bangunan pondok bekas warung yang terletak di atas Parit depan SPBU, bangunan tersebut masuk kedalam parit.

Selain itu satu unit rumah juga terbawa banjir di daerah Surabayo Nagari Persiapan surabayo Lubuk Basung dengan pemilik rumah Yulianti (45) dengan jiwa sebanyak 4 orang.

Saat ini Satgas BPBD Kabupaten Agam bersama dengan Damkar melakukan evakuasi terhadap warga yang terkena banjir, kerumah famili terdekat.

Informasi didapat dari whatsapp BPBD Agam, banjir terjadi di beberapa titik di Lubuk Basung  yakni, Perumahan Batu Galeh Tahap II Surabayo Nagari Persiapan Surabayo Lubuk Basung, Simpang Tembok Lubuk Basung, Jorong Surabayo Nagari Persiapan Kecamatan Lubuk Basung.(eko)

scroll to top