Babinsa Sumbersari, Bersama Warga Gotong Royong Pembersihan Aliran Irigasi “Dam Kali Singo”

IMG-20240306-WA0160_copy_639x480.jpg

Lumajang,Benua News.com – Babinsa Sumbersari Koramil 0821/16 Rowokangkung Sertu Maer Iswanto bergotong-royong bersama warga melaksanakan kerja bakti pembersihan aliran irigasi Dam Kali Singo di Dusun Pakeman RT 010 dan 011 RW 004 Desa Sumbersari Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (6/3/2024).

Kegiatan permbersihan saluran irigasi tersebut, merupakan kegiatan rutinitas yang dilaksanakan bersama warga setempat melakukan normalisasi pengerukan material lumpur yang menyumbat aliran.

Dalam kesempatan itu, Sertu Maer Iswanto mengatakan, bahwa kegiatan pembersihan tersebut sepanjang kurang lebih 200 meter, dengan mengangkat material lumpur yang mengendap di saluran irigasi ke area perkebunan warga.

“Kegiatan ini merupakan upaya warga, dengan bergotong-royong sebagai tujuan aliran irigasi tersebut nantinya bisa menjadi lancar, apalagi curah hujan yang cukup tinggi, tidak menutup kemungkinan terjadi luapan air yang mengakibatkan abrasi di sepanjang bantaran irigasi,” kata dia.

Disamping itu, kegiatan tersebut merupakan wujud nyata dalam mempelopori usaha usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di wilayah binaan, dalam mendorong warga untuk peduli lingkungan utamanya saluran isigasi.

“Dengan kegiatan ini, sebagai upaya bersama masyarakat agar selalu peduli dengan kondisi lingkungan, disamping itu kami secara langsung memberikan edukasi kepada warga petani dalam membina kebersamaan, juga sebagai imlepentasi tugas pendampingan pertanian di wilayah, guna mendukung program ketahanan peningkatan swa sembada nasional,” pungkasnya.

(Star)

Redaksi

Redaksi

Satu Pelurumu Hanya Tembus Satu Kepala Manusia...Tetapi Satu Tulisan Seorang Jurnalis Bisa Tembus Jutaan Manusia (082331149898)

scroll to top