“Alumni Kompak Kampus Rancak” Alumni IAIN Bukittinggi Adakan Munas dan Silaturrahim

20220517_112420.jpeg

Bukittinggi benuanews.com Kegiatan Munas dan Silaturrahim Ikatan Alumni IAIN Bukittinggi tahun 2022 yang diadakan pada Senin 16/05/22 bertempat di Auditorium Student Center IAIN Bukittiinggi Kubang Putih berlansung semarak, meriah dan sukses.

Acara yang mengusung tema “Alumni Kompak Kampus Rancak” dihadiri oleh berbagai alumni lintas Angkatan. Alumni yang hadir pada kegiatan ini terdari dari alumni sejak Fakultas Syari’ah Imam Bonjol Bukittinggi sampai tahun 1997, alumni STAIN Bukittinggi 1997-2014 dan alumni 2015 sampai saat ini.

Acara tersebut dimulai dari penampilan tari Pasambahan UKM Seni IAIN Bukittinggi, dilanjutkan kata Sambutan dari Ketua Panitia Sabar AS, S.Ag, M.Si yang juga wakil Bupati Pasaman, Kata Sambutan dari IKA Alumni IAIN Bukittinggi H. Jafril Khalil, Ph.D (tokoh nasional, pengusaha serta akademisi). Acara ini secara resmi dibuka oleh Ibu Rektor IAIN Bukittinggi Dr. Ridha Ahida, M.Hum, dan bersama beliau juga turut hadir bersama beliau dari kalangan civitas akademika IAIN Bukittinggi seperti Warek I, III, dan Dekan selingkungan IAIN Bukittinggi lengkap hadir semua beserta para wakil dekan.

Dalam sambutannya Bu Rektor meminta adanya sinergitas antara alumni dengan pihak civitas akademika IAIN Bukittinggi untuk saling bahu membahu menuju UIN Bukittinggi.
Dari data daftar hadir peserta yang mengikuti kegiatan Munas dan Silaturrahim ini baik yang luring maupun daring hampir mencapai lebih kurang 400 orang, ujar sekretaris Panitia Munas Adlan Sanur Th.

Dalam kegiatan ini terlihat alumni dari berbagai sektor hadir yang merupakan tokoh, akademisi, politisi, sesepuh, pengusaha alumni yang bekerja di berbagai instansi hadir dalam kegiatan ini seperti kemenag, pengadilan dan pendidikan serta pemda kota/kabupaten. Tampak Prof. Dr. Makmur Syarif, M.Ag (Mantan Rektor UIN Padang), Prof. Dr. Edi Safri, M.A (Guru Besar Hadis UIN Padang), Drs. M. Zein Ahsan, M.A (Ketua PTA Padang), Dr. Aidil Alfin, M.Ag (Ketua MUI Bukittinggi), Dr. M.Taufiq, M.Ag (Ketua MUI Agam) dan Ulama Lainnya dari Alumni. Tidak ketinggalan juga Alumni yang duduk di DPRD atau legislatif seperti Drs.H. Asra Faber, M. M (Anggota DPRD Propinsi), Syaflin, SHI, M.H dan Edwar Dt. Manjung Basa (Anggota DPRD Agam) serta Alizarman, SHI, SH (DPRD Bukittinggi). Para alumni yang sudah sesepuh terlihat banyak hadir dan bercerita dan bernostalgia seperti Bapak Bachtiar Tanjung, Bapak Muslim Mulyani, Ibu Hasramita, Ibu Nur’aisyah, Bapak Zainuddin Tanjung dan sesepuh lainnya.

Dominasi yang dari Alumni pengadilan seperti Hakim, Ketua PA dan Panitera juga terlihat banyak ikut larut dalam reuni kali ini.
Antusiasnya alumni untuk saling berbagi cerita, kisah, nostalgia ketika masih kuliah kemudian berbagi pengalaman kerja, anak, cucu serta pengalaman hidup dan poto bersama terlihat sangat berkesan. Apalagi ditambah dengan adanya testimoni dari para sesepuh dari Prof. H. Makmur Syarif, M.A serta dari Bapak Drs. Bachtiar Tanjung yang sering dipanggil pak BT menambah suasana para alumni terasa terngiang-ngiang masih kuliah dulu. Tertawa, bersenda gurau, poto bersama dengan sesama angkatan, dosen, pimpinan kampus dan tak terasa waktu sholat dzuhur sudah masuk.

Agenda terakhir dari Munas ini kemudian adanya regenerasi kepemimpinan Alumni dari pengurus yang lama dengan pengurus yang baru yang dipimpin oleh Syaflin, SHI, M.H atas nama Panitia pelaksana yang memimpin acara pemilihan pengurus yang akan datang. Dimana akhirnya peserta munas secara aklamasi melakukan pemilihan kepengurusan secara tim formatur. Formatur yang terpilih akan menyusun kepengurusan nantinya.

Formatur tersebut terdiri dari unsur akademisi, Pengurus Demisioner, Panitia, dan utusan Fakultas. Ketua Formatur terpilih Sabar AS, S.Ag, M.Si akan bersama dengan formatur lainnya untuk secepatnya menyusun kepengurusan. Acara ditutup dengan sholat dzuhur bersama dan makan bersama sambil poto bersama perangkatan. (Adlan Sanur Th).

Red

scroll to top