Pilkada Serentak , Korem 031/WB Kerahkan 1000 Pesonel TNI Dan Polri dalam Simulasi Penindakan Aksi Anarkis Operasi Perbantuan Pengamanan

IMG-20240829-WA0076.jpg

PEKANBARU || Korem 031/Wira Bima melaksanakan kegiatan simulasi penindakan aksi anarkis dalam rangka Operasi Perbantuan Pengamanan Pilkada Serentak wilayah Kota Pekanbaru tahun 2024. Kegiatan ini di buka langsung oleh Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca S.A.P., M. Han, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan melihat kemampuan prajurit TNI dan Polri dalam menghadapi potensi gangguan keamanan selama pelaksanaan Pilkada, kegiatan ini dilaksanakan di lapangan makorem jl. Ali Rasyid No.1 kota Pekanbaru Kamis 29/8/2024.

Simulasi ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai instansi terkait, termasuk Polda Riau, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diwakilkan, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekanbaru.

Kegiatan simulasi penindakan aksi anarkis ini melibatkan 1000 prajurit TNI dan Polri yang berkolaborasi dalam berbagai skenario yang disimulasikan. Para peserta menjalankan berbagai teknik pengendalian massa, prosedur pengamanan, serta penanganan situasi darurat yang mungkin terjadi selama proses dari pentahapan perencanaan, pendaftaran calon, Kampanye, pemungutan suara dan penghitungan hasil Pilkada.

Danrem 031/Wira Bima menyatakan bahwa simulasi ini merupakan latihan simulasi yang berkelanjutan dan tidak terputus, Jendral bintang satu ini juga menyampaikan skenario yang kita munculkan pada simulasi ini adalah “Apa bila terjadi aksi sangat anarkis yang dilakukan oleh para pendemo berkaitan dengan protes dari masa salah satu paslon”maka kita juga sudah menurunkan bantuan berbentuk Rantis dan Ranpur yang di dukung dari Batalyon Jajaran Korem 031/Wira Bima, kepolisian dan instansi terkait. Kegiatan ini juga sebagai bentuk sinergi antara TNI, Polri, dan instansi terkait dalam menciptakan situasi yang kondusif dan aman selama berlangsungnya proses demokrasi di wilayah kita,” ungkap Danrem.

Kegiatan simulasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan seluruh elemen yang terlibat dan menjadi bekal berharga dalam pelaksanaan tugas pengamanan Pilkada Serentak 2024 di wilayah Kota Pekanbaru.

Dengan adanya simulasi ini, diharapkan masyarakat dapat merasa lebih tenang dan aman dalam menjalankan hak pilihnya serta berpartisipasi aktif dalam menjaga stabilitas dan keamanan di wilayah Kota Pekanbaru khususnya dan umumnya di wilayah Provinsi Riau.

scroll to top