“SIAGA PENGAWASAN SATU TAHUN MENUJU PEMILU 2024” DIGELAR

WhatsApp-Image-2023-02-17-at-20.17.01-1.jpeg

MENTAWAI (benuanews.com) ~ Berdasarkan Surat Instruksi Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2023, perihal siaga pengawasan satu tahun menuju Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Kepulauan Mentawai mengelar “Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024”.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Homestay kawasan wisata Mapadegat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai tersebut dihadiri juga oleh Ketua KPU Mentawai Eki Butman, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Rikson, S.H., M.Si, Sekretaris Camat Sipora Utara Salmon, Kepala Desa Sipora Jaya dan Kepala Desa Sidomakmur, Panwascam Sipora Utara dan Panwascam Sipora Selatan beserta Pengawas Kelurahan/Desa.(14/2/2023).

“Hari ini kita laksanakan kegiatan Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024. Tahapan pemungutan dan penghitungan surat suara pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang akan di laksanakan. Bawaslu RI mengintruksikan kepada seluruh jajaran untuk melaksanakan pengawasan melekat di setiap tahapan pemilu 2024, dan peningkatan pengawasan partisipatif seluruh elemen-elemen yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai agar dapat menyukseskan pemilu yang damai, jujur dan adil,” ucap Ketua Bawaslu Perius Sabagalet, S.Kom.

“Harapan kita dalam pelaksanakan seluruh tahapan Pemilu tahun 2024 berjalan dengan baik, semua elemen yang berkepentingan, stakeholder, seluruh jajaran pengawas pemilu dapat melaksanakan tugas-tugas sebagaimana perundang-undangan mengatur, sehingga nantinya Pemilu 2024 dapat terlaksana dengan baik. Saat ini tahapan yang tengah berlangsung adalah tahapan Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih diseluruh pelosok wilayah Republik Indonesia. Kami berharap jajaran KPU dapat menjalankan tahapan tersebut dengan sebaik-baiknya,” ujar Perius.

“Untuk mengantisipasi berita-berita hoax yang disampaikan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, Bawaslu bersama jajaran sudah melakukan sosialisasi melalui pemasangan spanduk, baliho, pemberitaan di media sosial. Berhati-hatilah dalam bermedia soasial. Mari kita sama-sama mensukseskan Pemilu tahun 2024,” pungkas Perius.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Launching “Jarimu Awasi pemilu 2024” yang bertujuan sebagai kontrol secara terbuka yang bisa dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Acara ditutup dengan Penandatangan deklarasi pemilu damai dan berintegritas oleh semua undangan yang hadir dan ditutup dengan sesi photo bersama.(M).

scroll to top