Wujud Investasi Hijau di Siak, calon Investor harus komit menjaga lingkungan.

IMG-20220719-WA0008.jpg

JAKARTA, Benua news.com : Sebagai salah satu anggota dan juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), Kabupaten Siak yang dihadiri oleh Wakil Bupati Siak Husni Merza, ikuti Rapat Umum Anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (RUA LTKL) tahun 2022.

Rapat Umum Anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) tersebut, dilaksanakan di Ruang Merak, Balai Sidang Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta, Selasa (19/7/2022).

Saat ditemui seusai mengikuti Rapat Umum Anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari tahun 2022, Wakil Bupati Siak Husni Merza mengatakan bahwa ada beberapa output yang didapat salah satunya Investasi Hijau di Siak.

“Jadi jika ada Investor yang mau berinvestasi di Siak, harus melaksanakan kebijakan dan komitmen terhadap lingkungan yakni berinvestasi tanpa merusak lingkungan”, ucap Husni.

Selain itu, pada RUA LTKL juga dibahas upaya untuk mendorong generasi muda agar mencari peluang usaha dan bisa menciptakan produk kreatif berbasis lingkungan.

“Hal tersebut nantinya akan menjadi produk unggulan dan komitmen bagi Pemerintah Kabupaten Siak sendiri”, jelasnya.

Sebagai salah satu Kabupaten pendiri dan juga pengurus LTKL, tambah Husni, nantiknya seluruh hasil dari RUA akan di share ke seluruh anggota LTKL.

“Hasi RUA LTKL tersebut nantiknya akan diimplementasikan sesuai dengan karakteristik yang ada di setiap Kabupaten, termasuk Kabupaten Siak”, kata Wabup.

Wabup Husni juga berharap kedepannya ada perhatian khusus dari Pemerintah Pusat, semacam insentif kepada Kabupaten yang komitmen untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Hal tersebut merupakan bentuk kontribusi Pemerintah Pusat, dan menjadi motivasi bagi Kabupaten yang komitmen dalam menjaga lingkungan”, harap Husni.

Pada RUA LTKL 2022, ada beberapa pembahasan yakni Laporan Tahunan LTKL tahun 2021-2022, Pembahasan Program Prioritas dan Evaluasi Sekretariat LTKL, Pengesahan Anggota Jejaring Mitra LTKL, yakni PT. Siak Alam Lestari asal Kabupaten Siak Provinsi Riau, dan Yayasan Sanggar Inovasi Desa asal Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu, juga dilaksanakan Penetapan Tuan Rumah Festival Lestari ke-5 tahun 2023 yakni di Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah, yang diselenggarakan pada tanggal 22-25 Juni 2023 mendatang.

Kehadiran Wakil Bupati Siak Husni Merza pada RUA LTKL 2022, didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Fauzi Azni, Kepala Bappeda Siak Wan Yunus, Kadis Lingkungan Hidup Wan Fajri Auli.

(agus zega)

scroll to top