Walikota Mojokerto kukuhkan kelompok sadar wisata.

IMG-20211021-WA0028.jpg

Mojokerto benuanews.com .wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengajak warga Kota Mojokerto untuk mengoptimalkan potensi lokal menjadi peluang destinasi wisata baru di Kota Mojokerto.

Hal tersebut Ia sampaikan saat mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dari Kecamatan Prajuritkulon, bertempat di Ruang Sabha Mandala Madya Balai Kota Mojokerto. Kamis (21/10/2021).

“Saya berharap agar masing- masing kelurahan juga memiliki branding pariwisata masing-masing sesuai apa yang menjadi unggulan di tempat tersebut” ujar Ning Ita sapaan akrab Wali Kota.

Menurut orang nomor satu di Pemkot Mojokerto ini, selain jejak sejarah kerajaan Majapahit, banyak jejak sejarah yang bisa diangkat untuk memajukan kota Mojokerto, salah satunya sejarah sang Proklamator.

Diketahui menurut buku sejarah, delapan tahun Soekarno kecil yang dulu bernama Koesno tinggal dan bersekolah di Kota Mojokerto. selama empat tahun bersekolah di Sekolah Dasar Ongko Loro, yang kemudian dilanjutkan di Sekolah Dasar berbahasa Belanda ELS. Kedua sekolah itu pun kini sudah dijadikan cagar budaya oleh pemkot Mojokerto.

Kami berharap melalui forum ini akan bisa lebih terarah, bagaimana mempublikasikan, dan bagaimana memajukan pariwisata di kota mojokerto. Kalau semua bergerak maka periwisata di kota Mojokerto akan semakin maju” ungkapnya.

Sebagai informasi, pengukuhan hari ini merupakan gelombang ke tiga setelah sebelumnya Ning Ita telah mengukuhkan Pokdarwis dari kecamatan Kranggan, dan Kecamatan Magersari.

pengukuhan sekaligus pelatihan ini dilakukan untuk mendukung salah satu program prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Mojokerto tahun 2018-2023 yakni menjadikan Kota Mojokerto menjadi Kota Pariwisata khususnya berbasis budaya dan sejarah.

“Untuk mewujudkan Kota Mojokerto menjadi Kota Pariwisata dibutuhkan kerjasama dan sinergi antara pemerintah kota Mojokerto dengan masyarakat, bagaimana masyarakat juga berkontribusi ikut mepromosikan wisata di kota mojokerto” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Ning Ita, Sekertaris Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Mojokerto Rudi Ismail. Serta Camat Prajurit Kulon Heka Marta Fanani.

Dengan menghadirkan Narasumber Direktur Eksekutif CV. Pusat Pariwisata Nusantara, Faidlal Rahman, S.E., Par., M.Sc. acara ini dihadiri 60 orang perwakilan Pokdarwis dari Kecamatan Prajurit Kulon. (kan)

scroll to top