Wakili Dandim, Pabung Kodim 0306/50 Kota Hadiri Rapat Koordinasi Penanganan Darurat Bencana Di Kabupaten 50 Kota

IMG-20231224-WA0003.jpg

Limapuluh Kota ,-Benuanews.com Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0306/50 Kota Mayor Inf Ridwan wakili Dandim menghadiri Rapat Koordinasi Penanganan Darurat Bencana Daerah, bertempat di Posko (Pos Komando) Tanggap Darurat Kabupaten 50 Kota, Jl Sudirman Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh. Minggu (24/12/2023).

Rakor ini menindaklanjuti Surat Keputusan Bupati 50 Kota Nomor 360/400/Bup-LK/XII/2023 tanggal 18 Desember 2023, perihal tentang Penetapan Status Tanggap Darurat di Bencana Alam Banjir dan Longsor di Kecamatan Bukit Barisan, Harau, Lareh Sado Halaban, Pangkalan Koto Baru, Kapur IX, Situjuah Limo Nagari, Suliki, Mungka, dan Gunung Omeh di Kabupaten 50 Kota.

Tujuan dari Rapat Koordinasi Penanganan Darurat Bencana Daerah adalah untuk menyatukan persepsi dalam upaya menghadapi bencana yang kapan saja bisa datang dan mengancam nyawa manusia.

Dengan diadakannya Rapat Koordinasi ini akan adanya kesamaan persepsi dan kesiap siagaan bersama untuk melakukan pengawasan dan antisipasi serta penanganan bersama apabila terjadi bencana.

Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha dalam penyampaiannya melalui Pabung Mayor Inf Ridwan mengatakan, bencana adalah urusan bersama, tidak yang dapat menangani bencana sendiri, harus ada kerjasama multipihak yang terlibat di dalamnya.

Antisipasi bencana dan Sosilaisasi Pencegahan dini daerah- daerah rawan bencana. Bila terjadi bencana optimalkan koordinasi, segera mengambil langkah-langkah secara cepat dan tepat, karena masalah bencana adalah tanggung jawab kita bersama, ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Dandim melalui Perwira Penghubung Mayor Inf Ridwan juga menitipkan pesan kepada masyarakat khususnya Kabupaten 50 Kota bahwa dengan keadaan cuaca saat ini yang berubah-ubah, masyarakat harus berhati-hati dan harus peka terhadap lingkungan di sekitar.

Jangan sampai kita menjadi korban, karena ketidak pedulian kita terhadap lingkungan. Mari kita selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih, tetap lestari, supaya tidak terjadi bencana alam lagi, pungkasnya.(Julian)

scroll to top