Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, M.T menghadiri Acara Bersih Kampung dan Pentas Wayang Kulit.

IMG_20221230_192236.jpg

WAY KANAN, benuanews.com – Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, M.T menghadiri Acara Bersih Kampung dan Pentas Wayang Kulit Kampung Pisang Indah Kecamatan Bumi Agung, Kamis (29/12/2022) malam bersama Kepala/unsur Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Pimpinan Kecamatan Bumi Agung, anggota Forkopimcam, Kepala Kampung beserta Perangkat Kampung serta masyarakat Kampung Pisang Indah.

Dalam sambutannya, Wabup Ali Rahman menyampaikan bahwa Bersih Kampung adalah salah satu wujud pelestarian tradisi budaya yang sangat baik, dimana kegiatan tersebut menjadi momen bagi warga untuk bersilaturahmi serta mengadakan tasyakuran. Tradisi yang telah ada sejak dahulu tersebut juga untuk mengkaji ulang serta mengintropeksi diri atas perbuatan yang telah dilakukan selama ini.

Selain itu, menurut Wabup juga acara tersebut dapat dimaknai dengan hijrah dari perilaku dan sikap tidak baik menjadi baik, dari sikap mementingkan diri sendiri dan golongan menjadi pribadi yang peduli terhadap sesama, serta hijrah dari individu kurang menyenangkan menjadi pribadi menyenangkan.

“’Kita tahu bahwa tradisi ini merupakan ungkapan syukur kepada Allah SWT, atas limpahan rahmat yang telah diberikan, dan dijauhkan dari bencana, diberi kesuburan dan berharap mendapat hasil panen yang melimpah. Sehingga diselenggarakannya kegiatan Bersih Kampung ini, yang salah satu didalamnya berisikan tentang Pentas Wayang Kulit”, ujar Wabup Ali Rahman.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Ali Rahman juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya karena melalui tradisi ini, kita sudah turut serta melestarikan budaya yang ada di Indonesia, dan Saya berharap kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas dan ketertiban dalam pelaksanaan Pentas Wayang Kulit.

“Saya berharap kegiatan ini dapat terus dipertahankan dan dilestarikan, serta gaungnya harus sampai ke seluruh Kampung di Kabupaten Way Kanan, sehingga nantinya masyarakat bisa memahami nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi tersebut, serta semakin mencintai budaya Bangsa, yang nantinya berdampak pada kokohnya persatuan dan kesatuan antar warga, khususnya Kabupaten Way Kanan”.ujarnya. (yudi)

scroll to top