Wakil Bupati Dompu H.Syahrul Parsan. ST.MT Buka Musrembang Anak

IMG-20220325-WA0025.jpg

Dompu, NTB Benuanews.com Membuka ruang anak berkontribusi dalam perencanaan pembangunan daerah, Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2022.

Musrembang dimaksud berlangsung Rabu (22/03/22) di Aula Pendopo Bupati Dompu dihadiri oleh Pejabat Struktural dan Fungsional lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu, Pejabat Vertikal Pusat Lingkup Kabupaten Dompu, Institusi Pendidikan Tinggi (Perguruan Tinggi), Ketua dan Pengurus TP. PKK, Ketua dan Pengurus GOW, Ketua dan Pengurus DWP, Ketua dan Pengurus Forum Anak serta elemen penting lainnya. (25/03/2022)

Mengawali sambutannya dalam kegiatan dimaksud Wabup H. Syahrul Parsan mengingatkan semua pihak sebagai generasi penerus masa depan, keberadaan anak-anak sangat penting dan harus mendapatkan perhatian yang serius dengan memberikan perlindungan kepada anak-anak agar terhindar dari hal-hal yang dapat merusak dan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak

Kata Wabup perlindungan terhadap anak bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, sehingga terwujud anak bangsa yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera.

“Musrenbang anak ini sejalan dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, terutama dalam pasal yang mengatakan bahwa “setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi”, ucap Wabup.

Kemudian untuk mewujudkan harapan dimaksud, Wabup menyebut berbagai kebijakan telah dilakukan Pemerintah Daerah di bidang partisipasi anak, antara lain melalui pembentukan wadah-wadah partisipasi anak sebagai media untuk mendengarkan dan menyuarakan aspirasi, pendapat dan harapan anak sebagai wujud partisipasi anak dalam proses pembangunan, perlu terus dilakukan.

“Salah satu program dalam kebijakan partisipasi anak tersebut adalah dengan membentuk dan mengadakan pertemuan musrembang anak seperti yang sedang kita laksanakan saat ini”, terangnya.

Anak-anak Dompu sedang berupaya memberikan usulan dan masukan dalam Musremban

Berikutnya Wabup dalam momen ini memberikan gambaran Musrembang yang dilaksanakan sebagai wujud kepedulian dan perhatian yang besar terhadap anak-anak di daerah ini untuk ikut berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan dan juga sebagai bentuk komitmen untuk mewujudkan partisipasi anak agar dapat memberikan input dalam proses perencanaan pembangunan guna mewujudkan kepentingan terbaik bagi anak.

“Musrembang ini menjadi bentuk komitmen Pemerintah Daerah dalam mewujudkan partisipasi anak dalam proses perencanaan pembangunan daerah sehingga berbagai hal penting yang menjadi kebutuhan anak dapat terlayani dengan baik”, ungkapnya.

Dalam musrembang yang berlangsung Wabup juga menekankan agar anak-anak memiliki andil yang besar untuk turut terlibat dalam setiap kegiatan, karena musrembang ini juga sebagai instrumen untuk menggali dan menampung aspirasi anak dan harapan anak agar bisa diakomodir dalam proses perencanaan pembangunan.

“Hendaknya anak-anak kita yang hadir dalam kegiatan ini juga dapat memberikan masukan, usul dan saran terkait berbagai hal penting untuk direncanakan guna memenuhi harapan dan kebutuhannya”, tuturnya.

Salah Seorang Anak Dompu sedang menyampaikan aspirasinya
Ditambahkan Wabup, dalam kegiatan musrembang ini anak-anak diharapkan aktif dan responsive memberikan masukan dan tanggapan dalam pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia, seperti tema yang digunakan pada saat ini, yaitu “Anak Dompu Sehat, Kuat dan Cerdas, Bangkit Untuk Dompu Mashur Menuju NTB Gemilang dan Indonesia Maju.

Pembukaan Musrembang oleh Wabup dari awal hingga akhir acara berlangsung khidmat, aman, tertib dan lancar yang dilanjutkan dengan kegiatan diskusi dan tanya jawab antara Yang hadir
(imran malingi)

scroll to top