TPS 19 Nagari Tiku Selatan Jadi Percontohan Provinsi Sumbar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilihan Serentak 2020

20201110_135351_resized.jpg

Lubuk Basung (benuanews.com) — Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat adakan uji coba atau simulasi pemungutan dan perhitungan suara di Tempat Pemilihan Suara (TPS) Pemilihan Serentak Kepala Daerah 2020 pada TPS 19 Nagari Tiku Selatan Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Selasa (10/11).

“Pelaksanaan simulasi ini diadakan KPU Provinsi Sumatera Barat dan dihadiri seluruh KPU Kabupaten Kota yang ada di Sumbar, sedangkan KPU Agam hanya menyediakan tempat” kata Zainal Abadi Ketua Devisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kabupaten Agam.

mengungkapkan rasa terimakasi kepada KPU Provinsi yang telah memberikan kepercayaan dengan menunjuk KPU Kabupaten Agam sebagai lokasi percontohan simulasi pemungutan suara Pilkada serentak Tahun 2020.

Ditunjuknya KPU Kabupaten Agam sebagai tempat simulasi pemungutan suara Pilkada Serentak Tahun 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid -19 di kabupaten Agam.

“Kami sangat bersyukur dan alhamdulillah dengan adanya simulasi ini di Kabupaten Agam, semoga segala pelaksanaan pemilu 9 Desember nanti bisa berjalan dengan aman dan sukses,” sambungnya.

Simulasi dilaksanakan di TPS 19 dengan jumlah pemilih sebanyak 237 pemilih., diperkirakan sebanyak 80 persen ikut kegiatan simulasi tesebut, panitia adalah petugas KPPS.

Dia menambahkan, Simulasi dilaksanakan sebelum masuk ke bilik suara, para pencoblos harus di periksa terlebih dahulu kondisi suhu tubuhnya, kemudian wajib mencuci tangan, memakai masker dan jaga jarak biar aman dari penyebaran virus corona.

Setelah selesai pemungutan suara selesai dilaksanakan dan di tutup diperkirakan jam 13.00, penitia pemungutan suara dilakukan pembukaan kotak suara dan dilakukan penghitunga  suara.

Selanjutnya proses dilakukan, yang berbeda dengan pemungutan serentak sebelumnya adalah adanya Sistem Informasi Rekapitulasi Pemungutan Suara. (Sirekap), semua pakai aplikasi.

Kontributor : Fajar

scroll to top