TPA Masjid Badriyah Abdul Aziz Ismail gelar Isra Miraj

IMG-20210314-WA0096.jpg

Lubukbasung, (benuanews.com) — Sebanyak 40 murid Teman Pendidikan Alquran (TPA) Masjid Badriyah Abdul Aziz Ismail Lansano, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggelar Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dengan mendatangi orang tua mereka, Minggu (14/3) pagi.

Pengurus Masjid Badriyah Abdul Aziz Ismail, Dita Wedia mengatakan peringatan Isra Miraj ini merupakan adalah sesuatu yang baru memilih waktu peringatan Isra Miraj usai Shalat Subuh dengan membawa orang tua.

“Biasanya kegiatan itu diadakan pada malam hari,” katanya.

Kegiatan itu dimulai dengan penampilan anak-anak didik TPA membacakan Alquran, ayat pendek, doa, Asmaul Husna, azan dan janji didikan subuh serta penampilan lainnya.

Saat itu terlihat wajah berbinar dari orang tua masing masing anak melihat anaknya tampil di depan dengan penuh semangat.

Dengan  diadakannya didikan  Subuh bagi anak-anak akan  dapat melatih dan mendorong dirinya untuk dapat melaksanakan amal ibadah, baik yang wajib maupun yang sunnat, seperti salat lima waktu sehari semalam, salat-salat sunnah, lafad azan dan iqamah, menghafal Alquran,  hadis-hadis pendek, doa  sehari-hari lengkap dengan  artinya, penyelenggaraan jenazah dan lainnya.

Semenjak dini anak-anak muslim sudah dididik supaya dekat dan cinta pada masjid, dan menjadikan hatinya dekat  dengan masjid. 

Hal ini sangat berguna bagi masa depan sianak, masa remaja dan dan dewasa mereka mudah diarahkan kemasjid karena dari kecil telah cinta dan dekat dengan masjid sehingga pasti dia pandai membaca Alquran dan salat lima waktu sehari semalam karena dari kecil mereka dididik disuaru.

Dalam acara didikan Subuh  ini anak-anak dimotivasi untuk berani  tampil kedepan umum  mengembangkan  bakat dan  kebolehannya. Dengan  demikian  berarti  didikan  Subuh mengembangkan bakat anak sesuai dengan ajaran Islam.

Selanjutnya didikan subuh yang sekaligus diintegrasikan dengan perinagatan Isra Miraj M.Khudri ketua masjid sekaligus penceramah menekankankan pentingnya menjalankan kewajiban sholat 5 waktu.

“Tidak akan diterima amalan amalan lain sebelum menjalankan sholat,” kata Khudri,

Tak terasa subuh berlalu dan fajarpun telah menyingsing anak anak TPA yang terkesima mendengar kisah Isra Miraj dari Pak Uwo nya

Pak Uwo adalah panggilan kesayangan anak anak TPA kepada M.Khudri yang begitu dekat dan akrabnya dengan anak anak, beliau  mengisahkan  Isra Miraj merupakan perjalanan semalam Nabi Muhammad SAW mendapat perintah dari Allah SWT untuk menjalankan salat lima waktu dalam sehari semalam.

Sebenarnya Isra dan Miraj merupakan dua peristiwa berbeda. Namun karena dua peristiwa ini terjadi pada waktu yang bersamaan maka disebutlah Isra Miraj.

Isra merupakan kisah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Yerussalem. Sedangkan Miraj merupakan kisah perjalanan Nabi dari bumi naik ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (akhir penggapaian) untuk menerima perintah Allah SWT menjalankan salat lima waktu dalam sehari semalam.

Meski terdapat beberapa hadits dan pendapat yang menjelaskan waktu terjadinya Isra Miraj, tapi dari ayat di AlQuran cukup jelas, bahwa peristiwa tersebut terjadi di malam hari. Berikut arti dari surat Al-Isra ayat pertama:

“Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkati sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sungguh Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Fajar)

scroll to top