Team “SEJUTA” Baznas Kota Makassar Bagi Makanan Siap Saji di Jum’at Berkah

73-4-696x391-1.jpg

MAKASSAR||Benuanews.com-Baznas kota Makassar memiliki berbagai program progran andalan salah satunya adalah perogram “SEJUTA” (SEdekah JU’mat Tolak BalA) yang diperuntukkan untuk : Bank Makanan, Bantuan Modal Dhuafa, Alat Bantu Difabel, Baznas Bersih Masjid, Beasiswa, Sunatan Massal, dan Aksi Sosial Lainnya. Pada Jumat, 27 Mei, pagi kemarin, Tim BAZNAS yang dipimpin H. Arifuddin menyalurkan makanan siap saji di Kelurahan Masale, Kecamatan Panakukkang.

Penyaluran makanan di Jumat berkah ini di tengah tengah perkampungan kumuh kelurahan Masale dimana perkampungan ini akibat guyuran hujan semalaman mengakibatkan genangan air setinggi lutut. Kondisi ini tidak membuat team Baznas menyerah dan putus asa untuk menemui dan memberi bantuan kepada warga kaum dhuafa.

Ketua BAZNAS Kota Makassar, HM.Ashar Tamanggong mengemukakan, berbagi, atau bersedekah secara ikhlas di hari yang mubarak ini Jumat, tentunya akan mendapat pahala berlipat. Malah Allah Subhanahu wataala akan menambah rezeki kepada yang bersedekah, bukan berarti hari hari lainnya tidak mulia.

Menurutnya, BAZNAS memilih pembagian makanan siap saji, hanya pada lokasi lokasi tertentu. Misalnya di perkampungan kumuh. Tujuan yang ingin dicapai adalah, membuat kaum dhuafa tersenyum, dan selalu bahagia.

“BAZNAS Makassar kepingin membuat kaum dhuafa tersenyum dan selalu bahagia. Alasannya jelas. Seperti dikisahkan ahli hadist, HR.Thabrani. Nabi SAW di hadits ini menyebutkan, barangsiapa yang memberi makan kepada seorang mukmin, hingga membuatnya kenyang, maka Allah akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki orang lain,” tuturnya, seraya menambahkan, bahwa sumber dana dari makanan siap saji tersebut berasal dari para Muzakki di Kota Makassar yang berdonasi ke BAZNAS.

“Jadi kami di BAZNAS Kota Makassar ini, setiap hari Jumat itu kami turun menyalurkan makanan siap saji ke perkampungan kumuh. Kali ini di Kelurahan Masale ini. Kami tidak menyalurkan makanan di masjid masjid, atau di jalanan, melainkan langsung menemui saudara saudara kami di perkampungan seperti ini,” tutur H.Arifuddin.

Menurutnya, pihaknya memilih waktu penyaluran pagi hari. “Kami memilih waktu tepat, yakni sekitar pukul 07.00 Wita ke perkampungan kumuh untuk membagi kebahagiaan dengan kaum dhuafa. Mengapa pagi hari, karena lokasi yang kami sasar, seluruhnya bekerja sebagai pemulung. Para pemulung ini, mereka keluar mencari nafkah memang pagi hari, sehingga kami bisa memastikan, apa yang kami berikan betul betul dapat dimanfaatkan,” tambah H.Arifuddin.

Menjawab pertanyaan awak media soal mengapa memilih perkampungan kumuh untuk berbagai kebahagiaan, H. Arifuddn mengaku, apapun yang dilakukan BAZNAS harus tepat sasaran, Sebab perkampungan kumuh itu tentunya dihuni oleh masyarakat dimana tingkat ekonominya dibawah rata rata atau dengan kata lain kaum dhuafa sehingga mereka layak diberi bantuan, termasuk bantuan makanan siap saji ini ujar Arifuddin.

Salah seorang warga di RT 005 berterima kasih kepada team BAZNAS Kota Makassar, karena sekalipun lokasi yang mereka tempati tergenang air setinggi lutut orang dewasa, namun mereka rela datang memberi bantuan dan menyapa warga.

“Sebagai warga di sini, kami tentunya sangat berterima kasih kepada BAZNAS Kota Makassar. Karena mulai dari kemarin sore kami berada di rumah, karena hujan yang semakin deras. Rumah kami di sini tergenang air, sehingga kami tidak bisa keluar rumah, untunglah team BAZNAS datang membawa bantuan makanan ini. Terima kasih BAZNAS,” tutur ibu yang telah manula itu.

Dikonfirmasi secara terpisah wakil ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan H.Jurlan Em Saho’as menuturkan bahwa khusus di Kelurahan Masale, sebelum turun ke lokasi team Baznas sebelumnya telah berkomunikasi dengan pihak kelurahan Masale, tentunya guna memastikan kebenaran data sehingga apa yang kami berikan benar benar tepat sasaran Ujar Jorlan.(Red#)

Laporan:Team Baznas Mks
Editor :Nur Alam Rewa/Dirman Mile

scroll to top