Antisipasi Banjir, Kapolsek Gunungsari Lakukan Koordinasi Lintas Sektor

IMG-20221013-WA0002.jpg

Lombok Barat, NTB benuanews.com – Kapolsek Gunungsari Polresta Mataram AKP Agus Eka Artha Sudjana, SH membangun koordinasi lintas sektor dalam rangka mengantisipasi ancaman banjir atau genangan akibat cuaca ekstrem. Kamis, (13/10). 

“Koordinasi penting dilakukan guna meningkatkan kesiapsiagaan sekaligus upaya antisipasi bila sewaktu-waktu terjadi kondisi darurat akibat curah hujan tinggi,” katanya. 

Tingginya curah hujan. Hujan dengan intensitas tinggi diprediksi meningkatkan debit air di sungai dan berpotensi banjir.

Koordinasi lintas sektor yang sudah dilakukan pihaknya, meliputi Pondok Pesantren Al Aziziyah Ust. H. Fauzan Musthofa, DPRD Dapil 3 Saeun, dan Tokoh Masyarakat lainnya. 

Dia mencermati wilayah-wilayah yang rawan genangan maupun banjir bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan menjelaskan langkah antisipasi terhadap ancaman bencana hidrometeorologi perlu dilakukan dengan manajemen yang baik oleh pemerintah.

Ia mengatkaan persoalan penanganan kebencanaan tidak hanya menjadi tugas BPBD, namun dibutuhkan keterlibatan para pihak sebab dampaknya memengaruhi semua sektor.

“Sehingga penanganan perlu dilakukan secara kolektif,” katanya. 

Ia juga mengimbau warga senantiasa menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, terutama drainase yang banyak sampah selalu menjadi persoalan ketika terjadi hujan.

“Drainase dipenuhi sedimen sudah pasti memicu genangan, karena terjadi penyumbatan. Persoalan kecil seperti ini jangan diabaikan, justru bila didiamkan akan dampaknya meluas dan mengganggu,” ujar . AKP Agus Eka Artha Sudjana.

scroll to top