SYARAT PAKE SULAP, DISHUB MABAR MINTA SEGERA URUS ANDALALIN

Labuan Bajo, Rabu 23/08/2023 BENUANEWS.COM- Penampakan proyek pembangunan di kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur sudah seksi. Namun hal ini banyak bangunan yang berdiri tidak memiliki kantong izin Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) yang merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan ketika ingin membangun properti. Andalalin juga menjadi sebuah prosedur yang harus dipenuhi bagi pengembang properti.

Andalalin diperlukan untuk mengetahui dampak atas suatu aktivitas usaha di suatu pembangunan tertentu terhadap lalu lintas di sekitarnya. Nantinya hasil kajiannya dilaporkan ke pemerintah daerah setempat dalam bentuk dokumen.

Selanjutnya, pemerintah daerah setempat akan mengevaluasi secara menyeluruh. Jika hasil andalalin tidak merugikan kepentingan umum, maka proses pembangunan bisa dilanjutkan. Sedangkan jika ada kerugian maka pembangunan akan dievaluasi kembali.

Selain itu aturan pemenuhan syarat andalalin diatur oleh dasar hukum kajian analisis dampak lalu lintas yang tertuang pada undang undang no 22Tahun 2029 Mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 99 ayat 1.

Adapun bunyi pasal tersebut ialah “Setiap rencana pembangunan pusat kegiatan, permukiman, dan infrastruktur yang akan menimbulkan gangguan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan wajib dilakukan Analisis Dampak Lalu Lintas.” Sejauh ini media belum bisa meriliskan bangunan yang belum kantongi surat andalalin.

Namum kepala dinas perhubungan kabupaten Manggarai Barat Adrianus Gunawan menyampaikan bahwa banyak bangunan Hotel belum memiliki dokumen andalalin itu karena masa bodoh.

Sementara itu tegas Adi sapaan akrab Adrianus Gunawan meminta kepada pihak yang memiliki bangunan belum memiliki surat andalalin agar segera diurus sesuai ketentuan Permenhub 17 tahun 2021 tentang analisa dampak lalu lintas jelasnya

Adi juga menyampaikan dokumen andalalin adalah rekomendasi teknis atau standar teknis sesuai dengan luasan dan jumlah kamar bangun seperti hotel dan lainnya. Dokumen ini disusun oleh konsultan untuk membahas tentang nilai gunanya untuk mendapatkan masukan dan arahan sebelum memberikan persetujuan.

Intinya yang bersangkutan harus menyiapkan satuan ruang parkir secukupnya, rekayasa keluar masuk kendaraan, pemasangan rambu dan hal hal lain yang diperlukan tutupnya

scroll to top