Siswa SMA Usia 17 Tahun di Siak Bisa Bikin KTP Elektronik Gratis

IMG-20240718-WA0089-scaled.jpg

Siak-Benua news com ; Wakil Bupati Siak Husni Merza, menjadi pembina pada Upacara Pramuka Penegak Gugus Depan 01.023 – 01.024 Pangkalan SMA N 1 Siak, di Lapangan Upacara SMAN 1 Siak, Kecamatan Siak, Kamis (18/7/2024).

Husni rasa senang dan bahagianya karena bisa hadir di tengah-tengah ratusan pelajar dan anggota pramuka, SMA N 1 Siak dan menjadi Pembina Upacara Pramuka yang rutin dilaksanakan setiap hari kamis.

“Alhamdulillah, hari ini kami bersama Ka Kwarcab 09 Gerakan Pramuka Siak beserta jajaran, hadir langsung mengikuti upacara pramuka dan juga bersilaturahmi langsung bersama Pramuka tingkat penegak,” ungkap Husni.

Husni menambahkan, anak-anak Kabupaten Siak ini memiliki jiwa spirit Champion atau Semangat Pemenang. Hal tersebut telah dibuktikan dengan berhasilnya Kabupaten Siak meraih beberapa juara baik ditingkat Provinsi Riau maupun tingkat Nasional, diantaranya seperti juara umum 3 pada Popda Provinsi Riau tahun 2024, dan juga juara umum 3 pada MTQ ke – 42 tingkat Provinsi Riau tahun 2024.

“Dari 12 Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, Kabupaten Siak hanya bisa dikalahkan oleh Kabupaten Pekanbaru dan Bengkalis sebagai kabupaten tertua. Semangat juara ini juga harus dimiliki anak-anak Siak agar semakin maju dan mampu bersaing kedepannya,” harapnya.

Lanjutnya, karena di tahun 2045 nantinya Indonesia akan menyambut 100 tahun kemerdekaannya, dengan mempersiapkan generasi emas 2045 nantinya. Wabup husni Selain melaksanakan Upacara Pramuka, Ia juga mengelar program Program Bupati Goes To School.

Program ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Siak, memastikan seluruh masyarakat Kabupaten Siak memiliki Kartu Tanda Pengenal (KTP) terutama bagi siswa/siswi SLTA maupun pondok pesantren sederajat yang sudah berusia diatas 17 tahun.

“Untuk dimaklumi, kedepannya identitas kita akan digunakan untuk Single Identification Number (SIN). Jadi jika sudah terregistrasi semua, kedepannya NIK kita ini juga akan digunakan untuk Nomor Paspor dan Nomor Rekening di Bank kita,” terang mantan Diretur PT Persi itu.

Untuk menyambut kebijakan tersebut, saat ini sistem Pemerintahan di Kabupaten Siak sudah bergerak dari sistem manual, menuju sistem elektronik.

“Kedepannya kantor-kantor pelayanan akan sepi, karena seluruh pelayanan akan bisa dilakukan melalui sistem online,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Siak Husni Merza menyerahkan secara langsung KTP Elektronik secara simbolis kepada siswa/siswi SMAN 1 Siak, dan dilanjutkan dengan peninjauan secara langsung proses pembuatan KTP Elektronik oleh Disdukcapil di SMAN 1 Siak.

Selain Wabup Siak Husni Merza, juga turut hadir KaKwarcab 09 Gerakan Pramuka Siak Jamaluddin, Kadis Dukcapil Kabupaten Siak Hasmizal Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Siak yang juga Plt Kadisdik Rozi Chandra, dan Kepala Sekolah SMAN 1 Siak.

(Yulianus Gulo/infotorial)

scroll to top