Sebelas Rumah Rusak Akibat Hujan Deras Disertai Angin Puting Beliung Di Desa Soriutu

Screenshot_20220415-1943352.jpg

Dompu NTB benuanews.com.Pada hari Kamis tanggal 14 April 2022 pukul 15.45 WITA, telah terjadi hujan deras disertai angin puting beliung di Dusun Madalandi dan Dusun Samada Desa Soriutu Kec. Manggelewa Kab. Dompu yang mengakibatkan 11 rumah warga mengalami kerusakan.

Sepuluh rumah yang rusak di Dusun Madalandi antara lain:
1.) Rumah Ardiansah (42 Tahun) Rusak Berat.
2.) Rumah Mustamin (58 Tahun) Rusak Berat.
3.) Rumah Sdr. Tohira (30 Tahun) Atap rumah Rusak Berat.
4.) Rumah Ruslan (40 Tahun) Atap Rusak Sedang.
5.) Rumah Sarbini. Atap Rusak Sedang.
6.) Rumah Usman (60 Tahun) Atap Rusak Sedang.
7.) Rumah Bunyamin (47 Tahun). Atap rusak sedang.
8.) Rumah Nurjanah (56 Tahun) Atap Rusak Ringan.
9.) Rumah Firmansah (34 Tahun) Atap Rusak Ringan.
10.) Rumah H.Abidin (76 Tahun) Rusak Ringan.

Satu rumah yang rusak di Dusun Samada:
1) Rumah Sudirman M. ali (60 Tahun) Atap rusak ringan.

Kronologis kejadian : Pukul 15.50 WITA, terjadi Angin puting beliung di Dusun Samada dan Dusun Madalandi Desa Soriutu Kec. Manggelewa Kab. Dompu yang mengakibatkan 11 (Sebelas) rumah warga rusak.

masyarakat yang ada di dua dusun tersebut merasa kaget karena hujan yang disertai angin kencang terjadi secara tiba-tiba, bahkan ada yang menangis histeris karena ketakutan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun terjadi kerusakan material yang menyebabkan warga mengalami kerugian di taksir mencapai puluhan juta rupiah dan harus mengungsi untuk sementara waktu.

Langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Desa dan Pemerintah yang ada di Kec. Manggelewa yang didampingi oleh Pelda Darwis (Babinsa Desa Soriutu) :

Melakukan pendataan jumlah rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung, dan membantu warga mendapatkan tempat tinggal untuk sementara di rumah saudara ataupun tetangganya sampai mereka mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk memparbaiki rumahnya agar dapat di tempati kembali. Katanya

Mengingat akan terjadinya pergantian musim dari musim hujan ke musim panas (kemarau), Hal-hal seperti yang terjadi saat ini harus diwaspadai karena bencana tidak bisa ditebak atau diketahui lebih dulu dan dapat terjadi kapanpun dan di manapun tanpa diduga. Ungkap kadus Madalandi

Kita harus tetap melakukan antisipasi dan waspada terkait bencana alam yang kerap terjadi di daerah tempat tinggal, tidak luput dari itu semua warga juga membutuhkan perhatian khususnya
Dari pemerintah, sehingga mereka akan merasa aman dan mendapatkan tempat tinggal yang layak.

Pemerintah Desa Soriutu dan jajaran Muspika Manggelewa telah melakukan koordinasi dengan BPBD Kab. Dompu perihal bencana.
Pemerintah Desa maupun Pemerintah Daerah perlu melakukan antisipasi tentang bagaimana reaksi masyarakat yang terdampak apabila pihak pemerintah dalam hal ini BPBD Kab. Dompu terlambat mengambil langkah penanganan atas bencana tersebut, yang dapat memicu terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan.
(Imran)

scroll to top