Sebanyak 10 Warga KPM Mendapatkan Program Rumah Sejahtera Terpadu (RST) dari Kemensos RI

TimePhoto_20230313_090735_copy_816x612.jpg

Lumajang,Benua News.com-Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang Jawa Timur mendapatkan bantuan Rumah Sejahtera Terpadu pada anggaran tahun 2022-2023 sebanyak 10 (KPM) Keluarga Penerima Manfaat

Kelayakan tempat tinggal warga masyarakat desa menjadi perhatian khusus pemerintah lewat Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial memberikan
program Bantuan Rumah Sejahtera Terpadu (RST).

Jika kita melihat keberadaan warga masyarakat yang berada di pedesaan tentunya kita akan melihat banyaknya rumah warga desa yang belum layak untuk disebut sebagai hunian yang layak. Hal ini menjadi perhatian khusus pemerintah lewat program RST yang di realisasikan untuk membantu warga masyarakat sehingga dapat memiliki tempat tinggal yang layak dan nyaman.

Foto Benua News.com


Salah satu wujud perhatian pemerintah tersebut kini menyasar masyarakat Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, di wilayah ini ada 10 rumah warga yang mendapat bantuan RST.

Program RST (Rumah Sejahtera Terpadu) merupakan bantuan pemerintah pusat melalui Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumahnya beserta sarana dan prasarana.

Desa Dawuhan Wetan mendapatkan jatah 10 rumah untuk direhabilitasi, rehabilitasi rumah tersebut dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh pemerintah.
Sistem yang dilakukan adalah 10 orang kpm memilih 1 orang sebagai ketua kelompok, 1 orang sekretaris dan 1 orang bendahara.

Rehabilitasi 10 rumah dana senilai Rp 200.000.000 masing-masing 20 juta rupiah setiap rumah.

Tim Pelaksana kepada awak media ini menyatakan,” kami melaksanakan amanat ini dengan sebaik-baiknya, karena ini tujuannya untuk memberikan kesejahteraan kepada warga masyarakat desa khususnya, sehingga apa yang kami lakukan ini dampaknya akan bisa dirasakan oleh warga desa Dawuhan Wetan khususnya”.

“Dalam pelaksanaan rehabilitasi rumah, kami memberikan pilihan kepada penerima bantuan untuk memprioritaskan bagian mana dari rumahnya yang sangat perlu untuk di buat lebih baik dan bagus, misalnya ada yang pengin menggunakan lantai keramik maka kami memberikan keramik pada lantai rumah dengan tidak mengesampingkan bagian-bagian lainya, dengan begitu masayarakat benar-benar bebas dengan dana bantuan Rumah Sejahtera Terpadu ini,”ungkapnya

Suyitno salah satu warga yang mendapatkan bantuan RST kepada awak media mengatakan,”saya sangat bersyukur sekali telah mendapatkan bantuan, ini akan menjadi hal yang bisa membuat kami senang dan nyaman karena kami akan bisa menempati rumah yang layak, sekali lagi kepada pemerintah saya ucapkan terima kasih atas bantuannya”.

Jumakim penerima manfaat bedah rumah mengungkapkan rasa syukur yang tak terhingga karena dengan adanya program ini, rumah yang awalnya tidak nyaman dan tidak layak huni kini dapat di tinggal dengan sangat nyaman. “kulo matur suwun sanget, griyo kulo sing awale bocor, sak niki sampun bagus, tur sae di tinggali, ” ungkapnya dalam bahasa jawa.

Star

Redaksi

Redaksi

Satu Pelurumu Hanya Tembus Satu Kepala Manusia...Tetapi Satu Tulisan Seorang Jurnalis Bisa Tembus Jutaan Manusia (082331149898)

scroll to top