Sebagai Penerima Amanat Bupati Dompu Menegaskan Ikrar Kinerja Kepada Pihak OPD

Screenshot_20230219-2023362.jpg

Dompu, NTB.Benuanews.Com.
-Bupati Dompu, H. Kader Jaelani meminta kepada seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Dompu untuk komitmen dapat meningkatkan kualitas kinerjanya.

Dijelaskan Bupati Dompu, perjanjian kinerja merupakan lembar atau dokumen yang berisikan penugasan dari pimpinan instansi yang lebih tinggi kepada pimpinan instansi yang lebih rendah untuk melaksanakan program/kegiatan disertai dengan indikator kinerja yang menjadi tanggung jawab pencapaiannya. Dengan kata lain, perjanjian kinerja merupakan komitmen kontrak kerja pejabat sebagai tolak ukur keberhasilan pelaksanaan tugas sesuai jabatannya.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri yang mewajibkan Kepala Daerah dan Kepala Perangkat Daerah untuk menyusun perjanjian kinerja setelah menerima dokumen pelaksanaan anggaran.

“Sebagai bentuk komitmen, penerima amanat dan pemberi amanat yang harus melaksanakan kinerja berdasarkan tugas, fungsi, wewenang dan sumber daya. Semua harus paham dengan segala konsekuensinya,”Jelas Bupati Dompu.

Ditegaskan Bupati, perjanjian kinerja itu yakni ikrar dari seluruh Pimpinan Perangkat Daerah kepada Bupati Dompu sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab pimpinan OPD yang sudah di titipkan amanah sebagai pimpinan OPD untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan pembangunan AKJ SYAH untuk menuju Dompu Mashur.

Bupati Dompu juga mengumumkan bahwa secara rutin disetiap apel koordinasi Pemerintah Kabupaten akan mengumumkan serta memberikan reward kepada pimpinan OPD yang berhasil mencapai keberhasilan, target dan indikator dalam melaksanakan program dan kegiatan di masing-masing OPD. Sementara bagi pimpinan OPD yang tidak melaksanakan program dengan baik akan mendapatkan punishment.

“Rapor ini akan saya umumkan secara rutin disetiap apel koordinasi sebagai bentuk reward dan punishment bagi OPD yang berhasil melaksanakan program dengan baik,”Tegas Bupati AKJ di Dompu belum lama ini.

Selain itu Bupati Dompu juga menegaskan, mulai tahun 2023 ini pihaknya akan melakukan evaluasi secara berkala tentang capaian kinerja Pimpinan OPD mulai dari evaluasi bulanan maupun triwulan, dimana capaian kinerja OPD itu akan digunakan sebagai laporan capaian sebagai rapor kinerja bulanan atau triwulan pimpinan OPD.

Bupati juga mengajak kepada para Pimpinan OPD untuk membantunya dalam memimpin dan mewujudkan Dompu yang Mashur.

“Semoga perjanjian kerja tahun ini bukan hanya sekedar acara seremonial saja tetapi kita patrikan dalam hati kita bahwa ini janji kita kepada Allah untuk tanah Dompu yang dititipkan melalui Pemerintah Kabupaten sebagai pemimpin tertinggi,”Ajak Bupati.
(Bahrudin)

scroll to top