Satpol Provinsi Jambi Bersama Damkar Pantau Jalannya Pengamanan Pemilu 2024

IMG-20240215-WA0007_j58DGxAo45.jpeg

Jambi (Benuanews.com) Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Provinsi Jambi melakukan pemantauan, pengawasan dan pengamanan jalanya Pemilihan Umum di Provinsi Jambi.

Satpol PP bersama komponennya sudah siap melaksanakan tugas pemantauan dan pengamanan Pemilu Tahun 2024,”

Hal ini diutarakan oleh Kasat Pol PP dan Damkar Provinsi Jambi Rahmad Hidayat, S.Sos. M.Si , di Mako Satpol PP, Telanaipura. Rabu (14/02)

Kasatpol PP menjelaskan bahwa, Satpol PP jauh hari sudah melakukan persiapan diri diantaranya pembekalan personil dengan membentuk tim patroli, pembinaan dan pemantauan serta melaksanakan kegiatan dalam rangka menjalankan fungsi koordinasinya kepada Satpol PP Kabupaten dan Kota,

Selain itu Satpol PP Provinsi juga sebelumnya sudah melaksanakan apel siaga persiapan menyambut Pemilu bersama TNI Polri.

“Insha Allah, kita siap melaksanakan pengawasan dan pemantauan proses pemilu hari ini untuk melaksanakan monitoring dan koordinasi dengan Satpol PP Kabupaten dan Kota serta Satlinmas,” ujar Kasatpol PP.

“Satlinmas yang bertugas di TPS siap berkoordinasi dalam pelaksanaan Pemilu dengan penyelenggara Pemilu dan penggamanan pemilu lainnya, kolaborasi ini bertujan agar pemilu berjalan lancar dan aman, komponen satlinmas tersebut dibawah kendali dan koordinasi satpolpp Kabupaten /kota.” Demikian disampaikan oleh Kasatpol PP.

Diketahui, masing-masing TPS akan dijaga oleh  dua anggota Satlinmas, mereka masuk dalam kelengkapan petugas TPS yang wajib ada selain tujuh orang Kelompok Penyelengara Pemungutan surat (KPPS). Di TPS  Linmas bertugas di bidang pengamanan, termasuk membantu mengarahkan pemilih yang datang masuk ke TPS.

Sementara itu untuk kesiagaan personil di Mako Praja Kantor Satpol PP dan Damkar Provinsi Jambi, disiapkan 2 peleton anggota dalam rangka terciptanya keamanan, ketentraman dan Ketertiban umum selama pelaksanaan pesta demokrasi pemilu 2024 ini sesuai dengan Surat Edaran dari Kemendagri Nomor 300.2/239/SJ Tanggal 12 Januari 2024 Tentang peningkatan kesiapsiagaan satpolpp dan Satlinmas dalam penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum serta perlindungan masyarakat dalam rangkaian pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024.

Dijelaskan Sekretaris Satpol PP dan Damkar Provinsi Jambi, Sabri Yanto, SH. MH saat memimpin apel kesiagaan selain siaga juga dilakukan monitoring. “sesuai arahan kepala Satuan, kita juga melakukan monitoring ke Kabupaten /Kota dalam provinsi jambi untuk memastikan terlaksana nya pemilu di jambi dengan baik. Ujar Sekretaris Satpol PP Provinsi Jambi.

(Dedi)

scroll to top