Sambut Tahun Baru Hijriyah, Ini Pesan Kakanwil Kemenag SulSel

IMG-20200819-WA0068.jpg

Makassar (Benuanews sulsel) – Bulan Muharram adalah bulan istimewa bagi umat islam karena merupakan bulan pembuka awal tahun dalam kalender Hijriyah.
Pergantian tahun hijriyah biasanya dirayakan oleh umat muslim di seantero jagat dengan berbagai kegiatan, namun pandemi covid-19 yang tengah melanda saat ini tentunya memberi nuansa yang berbeda karena adanya pembatasan dalam beraktivitas.
Tradisi memperingati tahun baru islam dengan berbagai kegiatan itu, kali ini lebih banyak diekspresikan dengan mengirimkan ucapan dan untaian doa serta harapan yang hendak dicapai di tahun baru 1442 H.
“Seyogianya tahun baru islam ini menjadi momentum bagi kita untuk bermuhasabah diri. Apakah sudah melakukan hijrah dan bahkan telah memantapkan hijrah dalam menjalani kehidupan sehari-hari”, ucap Kakanwil Kemang Sulsel H.Anwar Abubakar ketika dimintai tanggapannya mengenai peringatan tahun baru hijriyah. Rabu 19 Agustus 2020.
“Semoga di tahun baru islam ini kualitas hidup kita semakin membaik dan menjadi titik awal bagi kita untuk berhijrah secara batiniah, pindah dari kekufuran menuju keimanan yang kokoh dan berserah seutuhnya kepada Allah SWT”, harapnya menambahkan.
Tahun baru islam 1442 H tahun ini, kata Kakanwil, hanya berselang tiga hari dengan peringatan HUT RI ke-75 yang mengangkat tema Indonesia Maju.
“Tentunya kita berharap dua momen penting ini akan semakin meneguhkan persatuan dan memperkokoh rasa persaudaraan kita sebagai sesama anak bangsa demi mewujudkan Indonesia maju”, imbuhnya.
Kakanwil kemudian berpesan kepada segenap umat muslim se Sulawesi Selatan agar tidak berlebih-lebihan dalam merayakan tahun baru Islam.
“Merayakannya tidak mesti berhura-hura. Tahun baru Islam 1 Muharram sebaiknya disambut dengan lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, memperbanyak zikir sembari bedoa agar kemajuan yang diidam-idamkan itu dapat tercapai, khususnya kemajuan di bidang keagamaan, pendidikan dan ekonomi”, ujarnya
Diakhir penyampaiannya, Kakanwil Kemenag termuda se Indonesia ini kembali mengajak segenap umat muslim untuk berzikir dam berdoa bersama memohon ampun agar berbagai ujian dan cobaan seperti pandemi Covid-19 dan musibah lainnya segerah berakhir.

by Muh. Rustan Salam

scroll to top