SALUT Kota Tegal, Mendapat kunjungan Dosen dari FKIP-UT Pusat

IMG-20220613-WA0000.jpg

Tegal, Benuanews.com – Dalam rangka penelitian dan monitoring kepada SALUT (Sentra Layanan Universitas Terbuka) Kota Tegal, dosen PG (Pendidikan Guru) PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan FKIP (Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan) UT (Universitas Terbuka) Pusat, Dr. Tri Tatminingsih, M.Pd kunjungi SALUT Kota Tegal. Minggu, 12 Juni 2022 siang.

Dr. Tatminingsih, M.Pd, dihadapan pengelola dan perwakilan dari mahasiswa/wi UT Salut Kota Tegal menyampaikan, bahwa kunjungannya dalam rangka melakukan penelitian, monitoring dan kajian dan wawancara kepada pengelola maupun mahasiswa/wi UT semua program studi yang berkuliah melalui Sentra Layanan Universitas Terbuka Kota Tegal.

“Kunjungan kami tujuannya melakukan penilitian dan wawancara, setiap team berangkat secara paralel ke seluruh daerah yg telah membuka SALUT, masing -masing team ada 4 dosen yang terbagi sesuai prodik (program pendidikan) yang kita ampu, tentunya yang berkaitan dengan kelembagaan yang terkait dengan UT. Seperti halnya SALUT dan POKJAR (Kelompok Belajar) UT. Juga untuk mengembangkan metode atau model sehingga bisa memunculkan ide-ide, melakukan analisa, apakah SALUT Kota Tegal sudah ideal apa belum”, terangnya.

Selepas memaparkan, beberapa hal dipertanyakan oleh Dr. Tatminingsih kepada pada mahasiswa/wi yang hadir. Diantaranya perihal apa alasan memilih kuliah melalui SALUT, pelayanan apa saja yang diberikan, biaya yg dikeluarkan diluar sks, serta fasilitas apa saja yang diperoleh. Dari beberapa pertanyaan tersebut didapat jawaban bahwa kuliah melalui SALUT itu mudah, murah, fasilitas lebih nyaman. Pengelola menyediakan layanan online gratis secara nonstop selama 24 jam. Sehingga mendukung mahasiswa terkoneksi dengan mudah.

Sedangkan kepada pengelola SALUT Kota Tegal, Mulyani,S.Pi,MM, diberikan pertanyaan tentang bagaimana cara atau trik pengelola SALUT untuk menarik minat mahasiswa/wi agar mau berkuliah di UT melalui SALUT. Dikesempatan pada saat memberikan jawaban, Mulyani menjelaskan bahwa beberapa cara telah dilakukan, diantaranya menggelar sosialisasi publik dengan cara mengadakan Talk Show, serta mempublikasikan melalui beberapa media online. Ujar Mulyani.

Menurut salah satu mahasiswa program beasiswa (bidik misi) mata kuliah Ekonomi Pembangunan UT semester IV Mohammad Jidan pada awak media mengungkapkan, Sebagai mahasiswa UT saya merasa terbantu dengan adanya SALUT. Dengan fasilitas yang ada seperti laptop dengan jaringan internet yg online selama 24 jam, kita dipermudah dalam melangsungkan kuliah. Hal yang sama pun disampaikan oleh Vera Kurniati, mahasiswi program beasiswa (csr) UT mata kuliah Akutansi semester 8.

,”Jika dia sangat puas dengan adanya SALUT. Bahkan termotivasi untuk melanjutkan kejenjang S2 Akutansi,” sebut Mereka.

Diketahui melalui website resmi SALUT Kota Tegal, www.salutegal.com, bahwa SALUT (Sentra Layanan Universitas Terbuka) Kota Tegal yang beralamat di JL. KS Tubun No. 41 Kelurahan Debong Tengah Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal adalah salah satu SALUT dibawah UPBJJ-UT Purwokerto (Unit Program Belajar Jarak Jauh Purwokerto). SALUT bertujuan untuk memberikan dukungan layanan bagi mahasiswa, calon mahasiswa atau anggota masyarakat terkait dengan informasi ke UT-an, kegiatan pembelajaran dan kegiatan pendidikan lainnya. ( David)

scroll to top