Safari Ramadhan di Masjid Nurul Iman Koto Nan VII, Ini Yang Disampaikan Bupati Pesisir Selatan

IMG-20230404-WA0240.jpg

Pessel, Benuanews.Com-Pemerintah kabupaten Pesisir Selatan memastikan perbaikan jalan Lubuk Sariak menuju Kampung Akad Nagari Kambang Utara Kecamatan Lengayang sepanjang 4 Km akan realisasikan.

Hal itu dikatakan Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar saat melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid Nurul Imam Koto Nan VII Kampung Akad Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Senin (3/4).

“Ya, insya Allah perbaikan jalan Lubuk Sariak ini kami kerjakan siap lebaran Idul Fitri nanti,”kata dia.

Kegiatan Safari Ramadhan itu dihadiri Dandim 0311 Letkol Inf. Sunardi, Kapolres Pessel AKBP Novianto Taryono, Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan Helfi, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pessel, Camat dan Wali Nagari Se Kecamatan Lengayang.

Bupati melanjutkan sektor infrastruktur pada program pembangunan terutama ruas jalan di kecamatan bukan tanpa alasan. Sehingga mobilitas yang lancar akan mendukung masyarakat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari dan kegiatan perekonomian.

“Jadi, kalau jalan mulus, ekonomi akan bagus. Semangat inilah yang mengerahkan upaya terbaik untuk melaksanakan infrastruktur jalan untuk meningkatkan konektivitas dan merangsang pertumbuhan ekonomi,”ujarnya.

Ia menyebutkan, bahwa program pembangunan infrastruktur merupakan bagian dari implementasi mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat.

Pemerintah kabupaten sangat menyadari pentingnya keberadaan infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan yang memadai sebagai penunjang kegiatan perekonomian daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

Pemerintah kabupaten pesisir selatan dalam RPJMD 2021-2026 menjadikan fokus pembangunan infrastruktur adalah pada peningkatan kualitas sebagai penunjang di wilayah sentra produksi sektor unggulan lokal.

“Fokus tersebut sekaligus upaya menuju kemandirian perekonomian daerah melalui kegiatan hilir produk unggulan. Kemudian meningkatkan konektivitas antar wilayah di Pesisir Selatan dan ketahanan pangan daerah,”katanya.

Disamping itu, Bupati menambahkan pemerintah kabupaten menargetkan setidaknya 95 parsen masyarakat di daerahnya memiliki jaminan layanan kesehatan tahun 2024 mendatang.

Kemudian tahun ini pemerintah kabupaten mengalokasikan Rp38 miliar APBD 2023 untuk membayar iuran BPJS 65 ribu jiwa masyarakat kurang mampu. Jumlah itu naik 37 ribu jiwa dari tahun sebelumnya.

Dengan demikian pada tahun ini tercatat 85 persen dari 516 ribu jiwa total penduduk telah memiliki jaminan layanan kesehatan, meningkat dari tahun lalu yang 64 persen atau sebanyak 29 ribu jiwa.

“Nah, salah satu upaya menuju sumber daya manusia yang berkualitas itu adalah melalui sektor kesehatan,”tutupnya.

Pada agenda Safari Ramadhan itu Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menyerahkan bantuan Masjid sebanyak Rp10 juta rupiah yang diterima langsung oleh pengurus masjid setempat. Kemudian bantuan juga diberikan oleh Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan Helfi Yanrika, sebesar Rp 2 juta rupiah.

(Wandi)

Redaksi

Redaksi

Satu Pelurumu Hanya Tembus Satu Kepala Manusia...Tetapi Satu Tulisan Seorang Jurnalis Bisa Tembus Jutaan Manusia (082331149898)

scroll to top