Reaksi Cepat, Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Bantu Seorang Anak yang Mengalami Infeksi Mata di Wilayah Perbatasan RI-PNG

WhatsApp-Image-2021-10-29-at-10.31.57.jpeg

KEEROM, -benuanews.com Tim Kesehatan Pos Batom Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista memberikan pertolongan pertama kepada Axel Yarangga (5) yang mengalami infeksi mata akibat didapati ada serpihan kayu di dalam kelopak matanya, bertempat di Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Jumat, (29/10/2021).

Dansatgas mengungkapkan, korban dibawa ke Pos Batom Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista oleh orang tuanya yaitu Mama Stela Yarangga (37) dengan berjalan kaki dan harus menempuh perjalanan selama 20 menit untuk tiba di Pos.

“Dari keterangan Ibu korban, bahwa korban yang sedang bermain dengan teman-teman sebayanya di hutan sambil memanjat pohon tidak sengaja terpeleset dan spontanitas memegang ranting pohon didekatnya yang ternyata sudah rapuh sehingga matanya mengalami infeksi akibat kemasukan serpihan kayu dari ranting pohon tersebut,” ungkap Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danpos Batom Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letda Inf Halis mengungkapkan bahwa pada saat datang ke pos mata kiri korban mengalami infeksi dengan kondisi sedikit bengkak, bola mata memerah dan mengeluarkan air menahan perih karena dimatanya terdapat serpihak kayu, sehingga tim kesehatan satgas segera menyiapkan peralatan untuk mengobati luka korban.

“Setelah berhasil mengeluarkan serpihak kayu di kelopak mata korban dengan menggunakan metode tetes mata secara berulang-ulang juga membantu agar kondisi infeksi pada matanya berkurang, sehingga dapat menghindari rasa gatal atapun mengurangi kemerahan pada bola matanya,” tutur Danpos.

Setelah serpihan kayu dikeluarkan, selanjutnya korban diberikan obat tetes mata sejenis yang digunakan tadi untuk dilanjutkan ibu korban dalam pengobatan mata anaknya secara rutin setiap habis mandi, tujuannya agar meringankan infeksi pada mata dan untuk mencegah infeksi lainnya, tidak lupa Tamtama Kesehatan kami Pratu Ramdani berpesan agar korban tidak menggosok-gosok matanya dengan tangan selama masa pemulihan dan mama Stela harus membantu mengawasi serta melanjutkan pengobatan mata anaknya dengan tetes mata yang sudah kami berikan.

Sementara itu, Mama Stela Yarangga (37) menyampaikan ucapan banyak terimakasih atas semua pertolongan yang telah diterimanya, ternyata bapak-bapak tentara selain baik juga sangat ramah sekali dan mau membantu anaknya yang mengalami infeksi mata akibat terkena serpihan kayu secara gratis dengan pelayanan yang baik.

“Ternyata bapak-bapak Tentara selain baik hati juga sangat ramah sekali, mau bantu anak saya yang matanya sakit karena serpihak kayu dengan pelayanan yang sangat ramah walaupun saya tidak pegang uang untuk bayar biaya pengobatan, terimakasih bapak tentara.” kata Stela. (Pen Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP)

scroll to top