Ranperda tentang perubahan APBD tahun 2021, Selesai Sudah Ditanda Tangan

IMG-20210923-WA0018.jpg

Pessel, Benuanews. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan menggelar rapat paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi DPRD dan penandatanganan bersama Ranperda tentang perubahan APBD tahun 2021 di ruang rapat DPRD setempat, Kamis (23/9).

Rapat paripurna itu dipimpin Wakil Ketua DPRD Pesisir Selatan, Aprial Habbas dan dihadiri Ketua DPRD, Ermizen, Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah, Pj Sekda, Luhur Budianda, anggota Forkopimda, kepala perangkat daerah beserta undangan lainnya.

Pendapat akhir tentang Ranperda Perubahan APBD tahun 2021 tersebut diawali Fraksi Persatuan Pembangunan Hati Rakyat Indonesia dengan juru bicara, Julinavia.

Dikatakanya, bahwa Fraksi Persatuan Pembangunan Hati Rakyat Indonesia
meminta agar pemkab serius meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan merealisasikan program dan kegiatan pembangunan sebagaimana mestinya.

“Proses perubahan APBD bukan masalah menaikkan atau mengurangi anggaran, tapi yang penting bagaimana menciptakan efisiensi dan efektifitas anggaran yang berpihak pada kepentingan masyarakat,” kata dia.

Disebutkan, terkait perubahan APBD 2021 ada beberapa catatan dari Fraksi Persatuan Pembangunan Hati Rakyat Indonesia. Antara lain, perubahan APBD 2021 harus diimplementasikan secara maksimal oleh masing-masing perangkat daerah.

“Pemkab harus melakukan monitoring penerimaan daerah. Kemudian menyambut baik peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan, dan meminta pemkab melaksanakan Perda yang ada,”pintanya.

Sementara, Fraksi PAN melalui juru bicaranya, Novermal Yuska mengatakan, pemkab perlu meningkatkan pendapatan asli daerah, mengoptimalkan pengawasan kegiatan, memerintahkan rekanan memperbaiki Masjid Terapung Samudera Ilahi yang mengalami kerusakan di beberapa bagian, meningkatkan persediaan obat di rumah sakit.

Kemudian, Pemkab diminta melakukan percepatan program vaksinasi, pemulihan ekonomi UMKM, petani dan nelayan, meningkatkan ruas jalan wisata, usaha tani, perbaikan irigasi, penanganan bencana, meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin, mengikutsertakan pegawai honorer dalam BPJS Ketenagakerjaan dan lainnya.

Fraksi Gerindra dengan juru bicaranya, Aprinal Tanjung menyampaikan, pemerintah daerah hendaknya membuka destinasi wisata dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19, menjaga kualitas pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Fraksi Gerindra menyarankan kepada pemkab menggunakan anggaran dengan tepat guna dan berdaya guna untuk kemajuan daerah. Lalu menyarankan agar penanganan Covid-19 sesuai dengan keinginan bersama, menegur perangkat daerah yang tidak melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana mestinya.

Fraksi Bintang Karya Bangsa dengan juru bicaranya, Alkisman menyampaikan, bahwa perubahan APBD harus berpihak pada kepentingan masyarakat. PAD harus dimaksimalkan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kemudian perubahan APBD 2021 harus diimplementasikan secara maksimal demi kemajuan daerah.

Fraksi Golkar melalui juru bicaranya, Ermiwati menyampaikan, dibutuhkan kesungguhan menata pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya, perubahan APBD 2021 juga harus diarahkan untuk penanganan Covid-19 dan dampaknya serta pemulihan ekonomi UMKM. Perubahan APBD hendaknya menjadi momentum peningkatan kualitas pendidikan.

Fraksi PDI Perjuangan dengan juru bicaranya, Petmardani mengatakan, Fraksi PDI Perjuangan mendukung pemkab dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur ekonomi dan peningkatan pelayanan masyarakat.

Selanjutnya, diminta agar pemkab mengoptimalkan PAD dari berbagai sektor unggulan seperti pariwisata, pertanian dan lainnya, pemanfaatan aplikasi dalam pengelolaan PAD, peningkatan ekonomi harus menjadi prioritas, memacu pembangunan infrastruktur di nagari, meningkatkan kesehatan masyarakat dan lainnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah mengucapkan terima kasih kepada fraksi DPRD Pesisir Selatan yang telah menyampaikan pendapat akhir tentang Ranperda Perubahan APBD 2021.

“Atas nama pemerintah daerah, kami menyampaikan terima kasih atas saran dan masukan dari fraksi untuk kemajuan Kabupaten Pesisir. Kemudian catatan yang diberikan fraksi akan ditindaklanjuti oleh perangkat daerah terkait” kata wabup.(MW)

scroll to top