Program Unggulan, Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Panen Raya Singkong Bersama Warga di Wilayah Perbatasan RI-PNG

IMG-20211103-WA0024.jpg

KEEROM, – Demi membantu masyarakat dalam meningkatkan hasil bumi di bidang perkebunan, Pos KM 140 Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada masyarakat dengan mengajak masyarakat panen raya kebun singkong dari budidaya hasil bumi prajurit Satgas Pos KM 140 yang sudah berjalan 8 bulan di lahan kosong Kampung Monggoefi, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Rabu, (03/11/2021).

Dansatgas mengungkapkan bahwa mengingat kendala atau kesulitan yang dihadapi masyarakat di sekitaran pos-pos Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista di wilayah perbatasan, Pos KM 140 memanfaatkan lahan tidur disekitar pos menjadi lahan produktif dengan menanam berbagai macam jenis bibit sayur-sayuran dan umbi-umbian, selain merupakan wujud kemandirian dari prajurit, hasil panennya pun dimanfaatkan untuk membantu masyarakat yang berada di sekitaran Pos secara berkelanjutan.

“Hasil Panen kebun singkong ini walau dalam skala yang tidak terlalu besar, tetapi kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Satgas Pamtas TNI Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan nasional yang digagas pemerintah untuk masyarakat, sehingga dapat memenuhi kebutuhan protein dan zat baik lainnya bagi tubuh setiap hari,” ucap Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danpos KM 140 Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letda Inf Hengky Dwi C menuturkan bahwa kegiatan ini selain sebagai bentuk kemandirian prajurit juga dapat memberikan contoh kepada warga bahwa lahan disekitar rumah pun bisa menghasilkan kebutuhan pangan jika diolah dengan baik sehingga warga dapat memasok kebutuhan pangan keluarga secara mandiri tanpa harus membeli.

“Setelah sebelumnya Pos KM 140 berbagi pengetahuan tentang cara mengolah lahan tidur atau lahan kosong menjadi lahan produktif perkebunan sekaligus mengajarkan kepada masyarakat cara menanam umbi-umbian ataupun bibit sayur sayuran, kali ini kami mengajak warga untuk sama-sama panen umbi-umbian salah satunya seperti singkong,” tutur Hengki.

“Alhamdulillah, salah satu program binter unggulan Pos KM 140 dalam bidang perkebunan ini ternyata dapat membuahkan hasil yang maksimal sehingga kami dapat berbagi cara bercocok tanam yang baik kepada warga selain itu juga yang akan datang agar hasil panen lebih maksimal lagi demi memperoleh manfaat umbi-umbian bagi kesehatan tubuh kita semua,” tutup Hengki.

Sementara itu, Ondoafi (ketua adat) kampung Monggoefi Bapak Damianus Onangge (54) mengucapkan terimakasih kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos KM 140 yang telah berbagi pengalaman, ilmu pengetahuan dan bantuan tenaga serta dukungan morilnya kepada masyarakat sehingga masyarakat juga ikut bergiat dalam proses bercocok tanam umbi-umbian sampai dengan saat ini dapat menikmati hasilnya bersama-sama.

“Kami ucapkan terimakasih banyak kepada Danpos dan bapak-bapak TNI Khususnya Pos KM 140 sudah kasih bantu kami cara berkebun dan bercocok tanam singkong, karena itu kami dapat lihat panen singkong hari ini dan dapat kami nimkati bersama keluarga di rumah,” ucap Damianus. (Pen Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP)

scroll to top