PMI KAPUAS BERI LAYANAN KESEHATAN BAGI KORBAN BANJIR KALSEL

Kuala Kapuas – (Benuanews) Setelah sepekan lebih terjadi bencana banjir, kini muncul keluhan kesehatan dari warga pengungsi banjir di provinsi Kalimantan Selatan.

Palang Merah Indonesia Kabupaten Kapuas bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan PSC dinas Kesehatan Kapuas mendatangi salah satu pengungsian di wilayah Sungai Lulut Dalam Banjarmasin mendapati banyaknya keluhan kesehatan yang di alami warga pengungsi banjir. Senin, (25/1/21)

Ketua PMI Kapuas Ary Egahni Ben Bahat SH yang disampaikan melalui sekretarisnya Ahmad Effendi mengatakan bahwa kehadiran PMI bersama IDI dan PSC di pengungsian banjir bagian dari kepedulian terhadap korban yang memerlukan layanan kesehatan. “Kita turun ke daerah banjir setelah mendapat informasi bahwa layanan kesehatan masih diperlukan, terutama di pengungsian yang tersebar di beberapa lokasi di kalimantan selatan” ucapnya.

Dipilihnya sungai lulut karena daerah tersebut setelah sepekan lebih masih saja banjir dan mayoritas belum bisa kembali ke rumahnya dan tetap berada di pengungsian. “Selain layanan kesehatan, kita juga menyalurkan bahan pangan sembako dan kebutuhan lainnya hasil sumbangan masyarakat yang disalurkan melalui PMI Kapuas,” tambahnya.

Sementara itu, kehadiran tim relawan PMI Kapuas yang membawa sejumlah dokter dan perawat di manfaatkan oleh pengungsi untuk memeriksakan kesehatannya. “Mayoritas masih gangguan kesehatan ringan seperti diare, batuk, flu, gatal kulit, hingga sakit kepala” terang dokter Ryan Faisal dari PMI Kapuas.

Ditambahkan oleh dokter Mahanie Taufik dari IDI, sejauh ini tidak ada yang cukup urgen atau parah, seandainya ada maka akan diberikan surat rujukan untuk dibawa ke rumah sakit terdekat. ” “Sejauh ini tidak ditemukan yang urgent atau parah, memang ada yang tensi nya agak tinggi, namun itu efek dari kurang istirahat dan tidur yang terganggu akibat kondisi banjir,” ucapnya.

Kehadiran tim relawan PMI Kapuas disambut gembira warga pengungsi, Maksum ketua RT setempat mewakili warga pengungsi mengucapkan terimakasih atas bantuan layanan kesehatan dan bahan logistik yang menurutnya sangat berarti bagi mereka saat ini. (Fenkps)

Repoter Kapuas Fendy

scroll to top