Peringatan HUT Ke 79 RI, Pemkab Labuhanbatu Gelar Napak Tilas Nilai-nilai Juang 45

AddText_08-14-07.31.03-1.jpg

BENUANEWS.COM | Labuhanbatu, Sumut – Memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Labuhanbatu menggelar kegiatan Napak Tilas Nilai-Nilai Juang 45 dan Semangat Kemerdekaan yang di mulai dari Tugu Juang 45 Lobusona, Rantau Selatan menuju Rumah Dinas Bupati Pertama, di Jalan MH. Thamrin, Kecamatan Rantau Utara, Rabu (14/08/2024).

Setelah para peserta yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa, tiba di Rumah Dinas Bupati Pertama, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian arahan dan penjelasan sejarah perjuangan. Dalam kesempatan ini, Asisten I Setdakab Labuhanbatu Drs. Sarimpunan Ritonga, M.Pd. mengatakan kepada para generasi muda bahwa nilai berbeda dengan harga.

“Harga bisa ditawar tapi kalau nilai tidak bisa ditawar, jadikan diri anda generasi yang bernilai,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu terus menerus melakukan napak tilas nilai niali dan semangat kemerdekaan agar nilai nilai semangat perjuangan tidak terputus.

Kegiatna dilanjutkan dengan penjelasan sejarah singkat mengenai kemerdekaan RI oleh Ketua DAC 45 Rustam Hasibuan. Rustam mengatakan masih banyak yang beranggapan merdeka itu biasa saja. Padahal Kemerdekaaan Indonesia bukan diberikan, kemerdekaan RI adalah dengan jerih payah masyarakat Indonesia.

“Merdeka kita bukan hasil pemberian, merdeka kita adalah hasil perjuangan,” ucapnya.

Ia kemudian menjelaskan mengapa tugu juang yang sekarang ini dipilih menjadi lokasi sejarah perjuangan, karena Tugu juang ini adalah markasnya para pejuang, lokasinya strategis, tinggi, ditutupi hutan, tidak Nampak oleh musuh saat para pejuang bergeriliya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua pimpinan cabang Legiun Veteran Labuhanbatu Muhammad Kamil Sutrisno, arahan oleh Kanit Lalulintas Polres Labuhanbatu Beny Az, dan pengumuman lomba dalam pelaksanaan napak tilas.

Turut hadir pada kegiatan ini, Kadisporabudpar Labuhanbatu, beberapa perwakilan OPD, perwakilan Kodim 0209/LB, perwakilan Polres Labuhanbatu, Kabid Kepemudaan Disporabudpar, perwakilan pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Labuhanbatu, dan hadirin lainnya. (*)

scroll to top