Bupati Siak Menerima Audiensi Management Gesits Riau – PT.Talabu.

IMG-20221111-WA0073.jpg

Siak, – Benua news.com : Bupati Siak,Drs.H.Alfedri.M.Si bersama Kepala Dinas Perhubungan Siak,Junaidi,SE.MM serta rombongan Menerima Audensi dangan management Gesits Riau selaku My Dialer atau Distributor Motor Listrik Se Provinsi Riau.

“Direktur utama Sokhiatulo Laia yang di wakilkan oleh General Manager Provinsi Riau Yeremias Duha,S.Kom.M.kom serta Manager
( Kepala Cabang) Gesits Siak – PT.Talabu ,
Sokhiaro Halawa,yang di dampingin oleh Herman ,(Ahong),
Herman pelani dan Teknisi / Mekanik Motor listrik Bezisokhi Halawa,S.kom,M.kom,
Pertemuan Audensi tersebut di laksanakan di pekan baru di Konji Caffe jln Riau Ujung pekan baru – Riau,
Kamis,(10/11/2022),
Pukul : 14.30 Wib

“Bupati Siak Drs.H.Alfedri,M.Si menyampaikan dalam pertemuan dengan management Gesist Riau, memberikan Apresiasi atas telah adanya Showroom Gesits Riau PT.Talabu dan juga membuka Showroom Motor Listrik di setiap daerah apa lagi dalam bulan ini Showroom Gesist Siak PT.Talabu Akan Melaksanakan Grand Opening / peresmian di Wilayah Kabupaten Siak yang berada di Kecamatan Tualang, dimana menyebut motor listrik Gesits ramah lingkungan dan hemat energi, serta dapat membantu masyarakat untuk menghemat biaya. Dengan begitu, motor ini sekaligus mendukung program pemerintah Kabupaten Siak,
Siak hijau dan kota bersih.

“Dan Motor listrik ini bisa menghemat pengeluaran masyarakat, yang mana biasanya masyarakat butuh yang namanya uang BBM, uang ganti oli dan busi, sekarang dengan adanya motor listrik ini, biaya itu semua dapat disimpan,”ujar Bupati Siak

Semoga adanya Showroom motor lisrik merek Gesits ini bisa membantu masyarakat Riau dan khususnya warga Siak walaupun warga Siak motor ini memang belum banyak masyarakat siak mengetahui keunggulanya namun marketing pihak Showroom Siak PT.Talabu tetap di promosikan di tengah – tengah masyarakat siak dan begitu juga di daerah – Daerah wilayah Provinsi Riau,semoga gesist Lancar dan di minati oleh masyarakat,dan kita juga mendukung program – program Pemerintah pusat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dimana menerbitkan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai 
(Battery Electric Vehicle)
sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan,semoga tahun 2023 Kita anggarkan Di APBD terkait motor listrik,”Tutup Alfedri.

Di lokasi yang sama Kepala Dinas Perhubungan (Ka Dishub)Kab Siak yang ikut mendampingin Bupati Siak Junaidi,SE.MM,Pria yang kerap disapa Anong itu kemudian mengapresiasi pencapaian anak bangsa dalam membuat motor listrik ini. Dan yang terpenting, hal seperti ini bisa membuka lapangan pekerjaan.

“Apresiasi sekali produk-produk kreatif anak bangsa. Kreatifitas seperti ini saya yakin akan membuka banyak lapangan kerja baru terutama di sentra-sentra produksinya,apa lagi sudah ada Di wilayah Kabupaten Siak,Seperti yang di sampaikan Bapak bupati bahwa pemerintah mendukung adanya Kendaraan Motor listrik yang Akan menjadi Siak Hijau kota bersih.

“Manager Gesits Riau Jermiah Duha Mengucapakan trimakasih atas kehadiran Bupati Siak dan Kepala Dinas perhubungan Siak yang meluangkan waktunya,walaupun padatnya kegiatan – kegiatan Bapak bupati di Siak Bisa memberikan waktunya Untuk Petemuan dengan Management Gesist PT.Talabu,
Jermias Duha,S.kok.M.kom, mempresentasikan terkait Kelebihan Motor listrik Gesits yang merupakan motor listrik karya anak bangsa yang diproduksi secara massal oleh PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) dan bertujuan untuk memperkenalkan motor listrik lokal bermerek Gesits kepada Bupati Siak selaku Kepala Daerah kabupaten Siak,”Ujar Jermias.

Sambung jermias Berbagai industri otomotif di Indonesia saat ini sedang gencar memproduksi kendaraan listrik. Adapun salah satu motor listrik yang termasuk produk lokal, yaitu Gesits. Perlu diketahui, Gesits merupakan motor listrik buatan anak bangsa, tepatnya hasil kerja sama antara ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) dan Garansindo Group.

Motor ini sudah melewati proses pengembangan sejak 2015 lalu dan diproduksi sejak 2018 di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.dan tanggal 25 September 2022 yang lalu Gesits Riau di Launching yang di resmikan oleh Mentri Hukum dan Hak Azasi manusia, Prof.Yasona H.Laoly,SH.P.hD,
Namun,Saat ini Sesuai harga dari Pabrikan khususunya Di daerah Riau harga itu motor listrik merek Gesits tersebut, yaitu Rp. 31,290.000,”Tutur Jermias

“Soal mesin Gesits, dibekali dengan baterai Li-NCM 72 Volt 20 Ampere Hour (AH) yang dipasang di atas rangka motor listrik tersebut.
Bekerja di tegangan 96 volt DC, motor ini dapat dibawa berkendara dengan daya hingga 5 kW (6,7 hp) pada putaran mesin 3.600 rpm dan torsi maksimum sebesar 30 Nm di putaran mesin 3.600 rpm,dengan memiliki kemampuan daya baterai ini, Gesits dapat dikendarai hingga mencapai jarak tempuh 50 km dengan satu baterai dan 100 km dengan dua baterai.
Tidak seperti motor lain pada umumnya, Gesits menggunakan transmisi CVT dengan pulley belt yang diklaim mumpuni.
Ada beberapa keunggulannya seperti tidak menimbulkan suara berisik, punya harga perawatan yang terjangkau, dan lain-lain.
Selain itu, untuk suspensi Gesits, mengandalkan teleskopik pada bagian depan dan swing arm with monoshock di bagian belakang yang diklaim dapat membuat motornya stabil berkendara di medan jalan tidak rata sekali pun,”jelasnya.

Tak ketinggalan, motor tersebut turut dilengkapi sistem pengereman double disc brake pada bagian depan serta belakang.
Penggerak motor listrik ini sendiri diklaim tidak mudah terendam air di musim hujan ataupun tergunjang saat melalui jalan yang berlubang atau penuh bebatuan.
Sementara itu, untuk waktu pengisian daya baterai Gesits, membutuhkan sekitar 3—4 jam saja hingga daya baterainya terisi penuh.
Pengguna motor ini pun juga dapat melakukan penggantian baterai motornya di sejumlah SPBU milik Pertamina.
Mesin Gesits 2022Tipe MesinLi-NCM 72 Volt 20 AHTenaga Maksimum6,7 hp @ 3.600 rpmTorsi Maksimum30 Nm @ 3.600 rpmTransmisiCVT dengan pulley beltSistem PengeremanDouble disc brake

“Dari segi dimensi, Gesits mempunyai panjang 1.947 mm, lebar 674 mm, tinggi 1.135 mm, dan jarak sumbu roda 1.290 mm.
Selain itu, motor tersebut dilengkapi dengan sasis tubular sehingga dapat memuat kapasitas hingga 94,5 kg sebagaimana ini adalah bobot kosong Gesits.
Dengan mempunyai dimensi ini, motor tersebut terlihat ramping. Bahkan, mungkin lebih ramping dibandingkan motor-motor lain sejenisnya.
Di sisi lain, Gesits tidak punya tangki bahan bakar, namun sebuah tempat di bagasinya yang berfungsi untuk menaruh baterai di mana didesain removable sehingga dapat dilepas secara fleksibel.
Hal ini tentu memberi kemudahan bagi pengguna untuk mengganti baterai motornya saat berkendara.

Jika melihat tampilan luar Gesits secara keseluruhan, desainnya terkesan tidak jauh berbeda dengan desain motor matik yang berbahan bakar bensin.
Motor tersebut bahkan dikatakan mirip dengan Honda Vario 123 dari desain eksteriornya. Bodi Gesits terlihat mengusung konsep sporty yang mengedepankan aerodinamis serta stabilitas.
Pada bagian depan motor listrik ini, terlihat ada desain yang meruncing dengan disematkan lampu utama HID projection berteknologi LED.
Bentuknya sipit dilengkapi dengan DRL (Day Running Light) di sisi kiri dan kanan. Lampu tersebut berfungsi sebagai lampu utama serta lampu sein.
Dengan disematkan lampu ini, dapat memberikan pencahayaan yang terang saat berkendara di malam hari atau cuaca berkabut tebal.
Beralih ke bagian samping Gesits, terlihat ada lekukan garis tegas yang memanjang hingga bagian buritan motor ini. Ini memperkuat kesan sporty pada Gesits. Selain itu, jok motor tersebut didesain menyesuaikan dengan bodi sampingnya.
Tak ketinggalan, terdapat pelek berukuran 14 inci yang dibalut ban 80/80 untuk bagian depan dan 100/80 di bagian belakang.
Pada bagian belakang Gesits, dibekali lampu DRL memanjang yang mirip seperti bagian depan. Lampu ini memiliki fungsi sebagai stoplamp serta lampu sein yang dapat memberikan penerangan terang.
Di sisi lain, terdapat kompartemen berukuran besar di bawah jok Gesits untuk memuat hingga dua buah baterai. Jika hanya satu baterai, sisi yang kosong dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang bawaan.
Di belakangnya lagi, ada celah yang bisa pengguna manfaatkan untuk menaruh charger atau jas hujan. Ada pula sakelar utama kelistrikan yang perlu digeser ke mode off saat melepas baterai motor.
Secara keseluruhan, eskterior Gesit memang terlihat sporty dan cocok dikendarai semua kalangan masyarakat, termasuk kaum wanita,”Ungkapnya,

(Tim)

scroll to top