Pentingnya Pelayanan Prima Yang Sangat Berpengaruh Pada Penjualan Produk Dan Jasa Sebuah Bank

IMG-20220629-WA0059.jpg

Dompu NTB benuanews.com
2.3. Hubungan Pelayanan Prima
Dengan Kepuasan Nasabah Di Perbankan
Menurut Tjiptono,et al.Dalam (Alfin dan Nurdin 2017) kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa yang di dapatkan seseorang dari membandingkan antara kinerja atau hasil produk yang di persepsikan dan ekspetasinya.

Seperti yang kita ketahui perbankan adalah lembaga keuangan yang yang menawarkan jasa yang setiap harinya akan bertemu langsung dengan nasabah ataupun masyarakat umum lainnya, citra dari sebuah bank salah satunya adalah keramahan serta pelayanan yang diberikan, oleh karena itu sangat penting diterapkannya Pelayanan prima. Pelayanan utama yang sangat berpengaruh penting dalam memenuhi kebutuhan nasabah, karena kesan pertama nasabah akan mempengaruhi keputusan nasabah.

2.4. Pelayanan Prima Dapat
Meningkatkan Penjualan
Produk Dalam Perbankan
Ketika Pelayanan prima sudah di lakukan dan mendapatkan respon positif dari nasabah akan berpengaruh dalam penjualan produk, karena informasi yang di dapat sangat menarik dan mudah dipahami, nasabah akan tertarik menggunakan jasa yang ditawarkan.

Manusia pada umumnya senang dilayani, bahkan ketika produk tidak sesuai dengan yang di inginkan tetapi ketika dilayani dengan baik nasabah akan mempertimbangkan untuk menggunakan produk yang di sarankan oleh yang memberi pelayanan.

2.5. Cara Melakukan Pelayanan Prima
Ada beberapa cara dilakukan agar pelayanan yang diberikan menjadi Pelayanan prima.
1.]Utamakan senyum setiap
menghadapi nasabah
2.]Ucapkan salam
3.]Perkenalan
4.]Tanyakan dengan sopan apa
yang bisa dilayani
5.]Berikan waktu untuk nasabah
mengutarakan keinginannya
6.]Gunakan kata maaf jika
pendapat nasabah tidak sesuai
dengan yang terjadi
7.]Menjelaskan produk apa saja
yang cocok dengan kebutuhan
nasabah.

2.6.Hal Yang Menunjang
Pelayanan Prima
Selain sikap dalam melakukan pelayanan, ada beberapa hal yang juga harus di perhatikan dalam pelayanan yaitu penampilan, kondisi, dan produk yang di sediakan.

Contoh dari penampilan yaitu menggunakan pakaian yang rapi dan menarik sesuai Standar Operasional Perusahaan (SOP) bank, sedang kondisi adalah lokasi tempat dilakukan transaksi haruslah aman dan nyaman, dan yang terakhir adalah produk yang di sediakan harus tepat sasaran dan sesuai keinginan nasabah.

Unsur-unsur Pelayanan Prima
Adapun unsur Pelayanan prima menurut (Tjiptono, 2002.58) Pelayanan prima terdiri dari 4 unsur pokok yaitu:
a.)Kecepatan,yaitu kecepatan dalam merespon permintaan, kecepatandalam pelayanan Pasca jual
b.)Ketepatan,yaitu ketetapan produsen dalam mengarahkan kebutuhankonsumen dengan produk yang di tawarkan
c.)Keramahan,yaitu pemberian sambutan kepada konsumen yang datang,kesabaran dalam menjelaskan dengan bahasa dengan tutur kata yang santun dan jelas
d.)Kenyamanan, yaitu kenyamanan disini adalah secara tempat seperti
kantor yang rapi, showroom yang
indah dan nyaman.

Bab III
Penutup
3.1. Kesimpulan
Berdasarkan hasil pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa pelayanan prima sangat berpengaruh penting dalam kepuasan nasabah dan dapat meningkatkan penjualan produk dalam sebuah bank.

Pelayanan prima bukan hanya tentang sikap dan perilaku tetapi juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti penampilan, kondisi, dan juga produk yang di sediakan.

Pelayanan prima sangat penting dan setiap bank sudah menerapkannya dalam SOP (Standar Operasional Perusahaan).

3.2. Saran
Dibutuhkan perhatian dan pendidikan khusus untuk pelayanan prima, dimana setiap pegawai diberikan pembekalan secara rutin dan monitoring. Secara rutin agar selalu memberikan pelayanan prima terhadap nasabah.

Daftar Pustaka
Mukarom Zaenal dan Wijaya Laksana (2018) Manajemen Pelayanan Publik Bandung CV.Pustaka Setia

HL.Suparman, Vina Islami dan Fera Nelfianti (2019) Service Excellence.Yogyakarta. Ruko Jambusari

Alfin, Muhammad Rheza, dan Sahidillah Nurdin (2017). “Pengaruh Store Atmosphere Pada Keputusan Pelanggan Yang Berimplikasi Pada Loyalitas Pelanggan.” Ecodemica Vol.1:252.https://ejournal.bsi.ac.id/ ejumal/index.php/ecodemica/article/view/2277/pdf.

Suminar, Ratna, dan Apriliawati, Mia(2017) Pelayanan Prima Pada Orang Tua Siswa Di Sempoa SIP TC Paramount Summarecon, Jurnal Sekretari Vol.4.No.2

Tjiptono, Fandy (2002). Strategi Pemasaran.Yogyakarta.Penerbit Andi.

Nurlia (2018). Strategi Pelayanan Dengan Konsep Service Excellent. Meraja Journal.Vol.1.No.2.
(Imran Malingi)

scroll to top