Peningkatan Kapasitas Petani/Pelaku Usaha Hortikultura 23 April 2022

Screenshot_20220423-1646482.jpg

Dompu,-NTB Benuanews.com Dalam rangka meningkatkan kapasitas petani/pelaku usaha hortikultura untuk menunjang keberhasilan pengembangan kampung hortikultura di Kabupaten Dompu, anggota Komisi IV DPR-RI Fraksi Partai PAN Dapil I NTB (Pulau Sumbawa) H. Muhammad Syafruddin,ST., MM bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian RI dan Dinas Pertanian Kabupaten Dompu menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Petani dan Pelaku usaha Hortikultura Kabupaten Dompu.

Acara yang digelar pada Sabtu (23 April 2022) yang dipusatkan di Laberka Food Garden Kelurahan Bali Satu Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu Provinsi NTB, yang diikuti oleh para petani/pelaku usaha hortikultura sebanyak 90 orang.

Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan itu yakni Koordinator Standardisasi Mutu Hotman Fajar Simanjuntak, ST, M.M., dan Sub Bidang Mutu Dr, Dina M. Susilawati, S. Si., M. Si., Serta dari Perguruan Tinggi Mataram. Sementara Topik Kegiatan Bimtek ini yakni “Peningkatan Kapasitas Petani/Pelaku Usaha Hortikultura”.

Kadis Pertanian dan Perkebunan (Distambun) Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni, SP., MM menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan kepada Kabupaten Dompu sebagai tempat penyelenggaraan Bimtek dalam hal Peningkatan Kapasitas Petani Pelaku Usaha Hortikultura.

“Bisa dilihat dari budidaya hortikultura di Kabupaten Dompu sampai saat ini masih terbatas karena di Kabupaten Dompu didominasi oleh petani jagung, adalah pengembangan kawasan hortikultura yang bertujuan untuk membuat kawasan terkonsentrasi dan berskala ekonomi.”ucap Kadistan.

Kepala Dinas berharap agar Kementerian Pertanian dapat memberikan bantuan dana aspirasi untuk membantu petani hortikultura di Kabupaten Dompu supaya petani Hortikultura supaya dapat berkembang lebih baik lagi. Dan berharap kepada peserta untuk dapat mengikuti bimbingan teknis ini dengan baik.

“semua materi yang disampaikan oleh pemateri sehingga transfer ilmunya dapat diterapkan dilapangan,”harap Kadis Pertanian.

Sementara Koordinator Standardisasi Mutu Kementan RI., Hotman Fajar Simanjuntak, ST, M.M menjelaskan bahwa arah kebijakan pembangunan Hortikultura, meningkatkan daya saing hortikultura melalui peningkatan mutu budidaya produksi, produktivitas, akses pasar, logistik didukung sistem pertanian rama lingkungan.(imran)

scroll to top