Pengurus IWAPI Payakumbuh berkunjung ke KJ RI dan ITPC Hamburg

IMG-20220917-WA0006.jpg

Padang, Benuanews. com,- Anggota IWAPI pantas berbangga, meskipun dalam masa pasca pandemi ada Anggota IWAPI Payakumbuh yaitu Dapur Mutiara Payakumbuh masih bisa menembus pasar International dengan mengirim Bumbu Rendang ke Eropa.

Tidak hanya sampai disitu Febrianti Takarina, sebagai ketua Ekonomi Kreatif di IWAPI Payakumbuh, begitu gesit dalam mencari pasar bagi anggotanya. Berbagai upaya dilakukan Rina panggilan Febrianti Takarina, agar produk para anggotanya bisa dipasarkan, baik lokal maupun Internasional.

Selasa tgl 13 Sept 2022 Jam 3 waktu Jerman, Rina didampingi Mutiara Aulia Karina Tasrif anaknya memenuhi janji temu dg Konjen RI, ITPC dan diaspora Indonesia yang difasilitasi oleh Rang Minang Hamburg (RMH) dibawah pimpinan Budi Indra.

Didampingi oleh Elsi Djaman, Mardjuni Djaman, Saidi dan Mariana Ratnita, Rina mempresentasikan UMKM Sumatera Barat lengkap dengan produk-produknya serta memperkenalkan seni dan budaya yang ada di Minangkabau kepada segenap yang hadir.
“Sebagai Ketua Ekonimi kreatif di IWAPI saya sangat berharap ada UMKM lain yang menyusul jejak kami Dapur Mutiara untuk mengekspor produk2 nya keluar negeri khusus nya ke Eropa” ujar Rina.

Dalam kesempatan ini Rina mewakili Ibu Ety Nurhayati ketua Umum DPD IWAPI Sumatera Barat, Ibu Nurni Marliza ketua Umum IWAPI kota Payakumbuh dan Ibu Murnayetti dewan kehormatan IWAPI kota Payakumbuh yang mana Mereka berpesan dan berharap dapat hendaknya peluang pasar bagi produk-produk UMKM Sumatera Barat dan khususnya produk-produk anggota IWAPI di Sumatera Barat.

Banyak produk-produk andalan anggota yang sudah pernah ekspor, tapi karena Pandemi semua mengalami stagnisasi. Dalam kesempatan ini sangat besar harapan Kami kepada pihak KJRI dan ITPC Hamburg
bisa membantu memfasilitasi utk dapat peluang2 di Luar negeri lanjut Rina.

Sebelumnya, Elsi Djaman Rang Minang. Hamburg memaparkan maksud kedatangannya ke KJRI adalah ingin menjembatani antara IWAPI dg KJRI, ITPC dan Diaspora Hamburg. Saya sebagai orang Minang sangat berkeinginan produk2 UMKM dibawah naungan IWAPI yang terdiri dari berbagai bidang yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Jasa, Perkebunan, Pariwisata dan Budaya bisa di bantu mencarikan pemasarannya di luar negeri sekaligus mempromosikan hasil karya Anak Nagari Minangkabau Seperti Kuliner yang sudah terkenal seperti rendang, tenunan songketnya yang halus, tarian tradisional, juga keelokan pariwisata alamnya yang sangat menakjubkan. Ayo kembali kita promosikan dan kita galakkan semua kelebihan yang ada di ranah Minang pasca pandemi ini supaya ekonomi masyarakat Minangkabau bisa menggeliat lagi ujar Elsi dengan penuh semangat dan harapan.

Dalam pertemuan ini juga hadir Diaspora dari Toko Indonesia Bapak Jamal Sjawie yang sudah terlebih dahulu meminang Bumbu Rendang dari UMKM Sumbar yaitu Dapur Mutiara.
Jamal Sjawie mengatakan sangat tertarik dengan Bumbu Rendang Asli dari Payakumbuh dengan rasanya yang khas dan sangat di gemari oleh masyarakat perantau Minang maupun oleh penduduk di eropa. Dengan berbagai varian pedas dan tidak pedas, membuat bumbu rendang Dapur Mutiara ini mudah di terima oleh semua selera masyarakat Eropa. Saya sangat ingin rendang yang dahulu sempat menjadi makanan terenak didunia, kembali bisa menempatkan nya di urutan pertama lagi.
Itu yang menjadi tekat saya kedepannya papar Jamal Sjawie Ownernya Toko Indonesia di Hamburg yang blasteran Arab dan Manado.

Dalam kesempatan ini saya juga menyampaikan keinginan RMH (Rang Minang Hamburg) untuk memperjuangkan UMKM2 di Sumatera Barat bisa ikut serta dalam setiap Event2 yang diadakan Jerman umumnya dan di Hamburg khususnya guna mempromosikan Hasil karya dari UMKM Ranah Minang ujar Elsi.

Niat Elsi Jaman disambut baik oleh Konjen RI Ardian Wicaksono. Kami memang berencana akan mengadakan beberapa Event di Bulan Mei sampai Agustus 2023. Insya ALLAH akan kami perjuangkan nanti mengundang UMKM Sumatera Barat ujar beliau.

Bahkan dirinya mengatakan sering membahas dengan teman-teman disini tentang Bumbu Rendang Dapur Mutiara yang sudah sampai Ekspor ke Eropa, ternyata hari ini ibu Rina sudah ada di hadapan saya tutur Adrian Wicaksono dengan sumringah.

Sementara Ketua ITPC Hamburg Eka Sumarwanto mengatakan, pihaknya siap memfasilitasi UMKM dari mana saja juga anggota yang ingin mencoba mengekspor produknya ke Eropa dengan syarat perizinan ekspor nya sudah lengkap seperti Dapur Mutiara. Karena untuk negara negara tujuan ekspor yang ditanyakan terlebih dahulu adalah perizinan. Hal ini sangat perlu diperhatikan bagi teman-teman UMKM yang ingin go International paparnya.

Silahkan kirim contoh contoh produk nya kepada kami. Insya ALLAH kami akan berikhtiar mencarikan pasarnya disini.

Hadir dalam pertemuan tersebut Bapak Ardian Wicaksono, Konsul Jenderal RI Hamburg, Ibu Rospinda Saragih (KF Pensosbud), Bapak Apul Sihombing (KF Ekonomi), Bapak Eka Sumarwanto (Kepala ITPC Hamburg) dan Bapak M. Benyamin Abiyoga (Pelaksana Fungsi Pensosbud) KJRI Hamburg.
Diaspora Jamal Sjawie

(Marlim)

scroll to top