Pemerintah Kabupaten Way Kanan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2023

d5374287257a1e60ccd82716756f5c27.jpeg

WAY KANAN, benuanews.com – Pemerintah Kabupaten Way Kanan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2023 di Halaman Buway Pemuka, Rabu (29/11/2023) dengan Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M sebagai Inspektur Upacara.

Membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, disampaikan bahwa Bapak dan Ibu guru sebagai nahkoda tidak mau membalikkan lagi arah dari kapal Merdeka Belajar. Mendikbudristek optimis bahwa semua pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan Merdeka Belajar. Keyakinan ini tumbuh dari hal-hal yang berhasil dicapai bersama dalam empat tahun terakhir.

“Pada tahun pertama merdeka belajar, Kita menghapus Ujian Nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil muridnya. Kita menerapkan asesmen Nasional agar kita berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenanngkan. Lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid”, ujar Bupati Adipati.

Tahun berikutnya Kemendikbudristek meluncurkan Kurikulum Merdeka. Jika asesmen nasional mengukur tujuan perubahan, kurikulum merdeka memberikan petujuk jalan mencapai tujuan itu. Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi, dan penekanan pada pemahaman yang mendalam, tapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid. Ruang untuk belajar dan berbagai diantara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform merdeka belajar. Jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling mengajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan kurikulum merdeka.

“Terobosan besar kita hadirkan dengan meluncurkan pendidikan guru penggerak. Dimana program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata. Dan yang sangat membahagiakan adalah kita sudah semakin dekat untuk mencapai target satu juta guru ASN PPPK guna memenuhi kebutuhan guru, dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para pendidik”, lanjutnya.

Diketahui, usai upacara dilakukan Penyerahan Bantuan kepada Satuan Pendidikan Penerima Bantuan Sarpras Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berupa Smart TV Flat Panel untuk TK N Pembina Negeri Agung, TK N Pembina Kasui, TK IKI Kalipapan, TK Saraswati Banjit, TK Alam Baradatu, TK Junior Baradatu, TK Cendikian Baradatu, dan TK Sinar Harapan Argomulyo. Serta kepada Satuan Pendidikan Penerima Bantuan Sarpras Pendidikan Non Formal (SKB dan PKBM) kepada UPT SKB Way Kanan, PKBM Riadlus Sholihin, PKBM Tunas Maju Banjar Baru, PKBM Flamboyan, PKGM Al-Hikmah I, PKHM Al-Hikmah, PKB, Pasti Maju, PKBM Prioritas Maju, PKBM Labuhan Ratu, PKBM Raudlatul Muta Allimin, PKBM Al Falah serta PKBM Bahrul Ulum.

Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati, Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny. Vorian Melita Saipul, para Pejabat Eselon II, III dan IV, para Pejabat Fungsional dan seluruh Staf Pemerintah Kabupaten Way Kanan. (Yudi)

scroll to top