Pemerintah Kabupaten Dompu Menunjukkan Tekat Dan Semangat Luas Biasa Untuk Membangun Dompu Mashur Dalam Festival Tambora Tahun 2022

IMG-20220412-WA0007.jpg

Dompu, NTB Benuanews.com Setelah selain menjadi irup upacara hari jadi Ke 207, Bupati Dompu dan Wakil Bupati melanjutkan dengan meLaunching logo dan Tema Festival Tambora Tahun 2022 dan melanjutkan penanda tangan bersama zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Kepada Dinas Pariwisata Ir, Abdul menjelaskan bahwa logo dan tema festival Tambora Tahun 2022 desain pertama lima helai rambut kuda yang melambangkan lima program daerah., Kedua kuda yang meloncat lalu berlari yang sekencang-kencangnya adalah melambangkan semangat pemda Dompu untuk berkembang lebih maju., Ketiga Angka 207 berupa Hari Jadi Kabupaten Dompu dari 11 April Tahun 1815., Warna adalah disesuaikan dengan visi Indonesia, dimana sebagian bentuk koloborasi daerah Dompu pengembangan pariwisata Indonesia. (11/4/2022(

Tema dalam perayaan festival Tambora Tahun 2022, inilah Dompu yang melambangkan semangat, kehebatan, dimana Kabupaten Dompu atau Kerajaan Dompu sudah ada 4000 sebelum Masehi, selanjutnya ada tiga peradaban yaitu Aninisme, Hindu/Budha kemudian Islam.

Kemudian tercatat sejarah dalam buku Kartagama bahwa terdapat dalam Sumpah Palapa dimana satu isinya Gaja Mada tidak akan makan biji Palapa sebelum mampu menaklukkan Kerajaan Dompu, berarti begitu luar biasanya Dompu dan hari Dompu begitu luar biasa pula karena meletus Gunung Tambora mampu merubah iklim Dunia bahkan di Eropa terjadi musim kekeringan yang berkepanjangan kemudian mengakibatkan kelaparan di Eropa dan mengganggu invasi militer Nazi.

“Hari ini Kabupaten Dompu mempunyai tekat ingin kembali berjaya seperti dulu dengan semangat melalui lima program yaitu Jara Pasaka dan Insa Allah Dompu menuju yang Mashur. Inilah Dompu Negeri tiga peradaban dengan sejuta investasi menuju Dompu Yang Mashur. Tutur Kadis Pariwisata.

Selanjutnya dilanjutkan penanda tangan bersama zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. (Imran)

scroll to top