Pemda Dompu Adakan Syukuran Tiga Tahun Kepemimpinan AKJ-SYAH

1710862968595.jpg

Dompu,NTB.Benuanews.com. Masa kepemimpinan AKJ-SYAH memasuki usia 3 tahun. Mengulas kembali semua pencapaiannya dan pekerjaan rumah yang harus dilakukan Pemerintah Kabupaten Dompu mengadakan syukuran tiga tahun yang diadakan di Aula Pendopo, Jum’at (01/03/24).

Kader Jaelani mengawali sambutannya mengatakan tiga tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 27 Februari 2021 saya H. Kader Jaelani dan Bapak H. Syahrul Parsan dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Dompu periode 2021-2026 oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat.

“Maka pada kesempatan yang berbahagia ini ijinkan saya menyampaikan pidato tiga tahun kepemimpinan kami tentang progres capaian pembangunan selama satu tahun terakhir

Kader Jaelani melanjutkan Tujuan utama pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tingkat kesejahteraan tersebut terukur dalam berbagai indikator makro pembangunan.

Perkembangan ekonomi Kabupaten Dompu data tahun 2022 ke 2023 mengalami peningkatan dari 2,95 persen menjadi 3,17 persen pertumbuhan ini berdasarkan rilis BPS tahun 2023.

Namun angka kemiskinan Dompu tahun 2023 sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan capaian tahun 2022. Fenomena peningkatan angka kemiskinan ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Dompu namun terjadi pada hampir di seluruh daerah se Indonesia.

Sedangkan angka pengangguran terbuka sejak tahun 2022 membaik pada tahun 2023. Adapun kondisi gini rasio di kabupaten dompu pada tahun 2023 menunjukkan kita dalam klasifikasi sedang.

“Hal ini menunjukkan ketimpangan pembangunan di kabupaten dompu relatif tidak lebar”ungkapnya.

Bupati menambahkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2023 meningkat yaitu sebesar 71,77 poin.

Pencapaian angka diatas 70 poin ini menjadikan Kabupaten Dompu termasuk Kabupaten dengan kategori pembangunan manusia yang tinggi. Ini merupakan pertama kalinya Kabupaten Dompu meraih predikat tinggi pada pembangunan manusia.

Faktor pembentuk IPM lain disektor pendidikan dimana rata-rata lama sekolah mencapai 8,97 tahun dan harapan lama sekolah mencapai 13,83 tahun. Meningkat dibandingkan dengan pencapaian tahun sebelumnya.

Sementara kemampuan daya beli tahun 2023 tercatat sebesar 9,4 juta rupiah meningkat dibandingkan dengan capaian tahun 2022 sebesar 9,2 juta rupiah.

Sesuai tema yang diangkat panitia pelaksana yaitu “Refleksi 3 tahun Kepemimpinan AKJ SYAH” tentunya beberapa pencapaian diatas tidak terlepas dari ridha dan ijin Allah SWT.

Doa restu, dukungan dan partisipasi aktif dari pemerintah, para pemangku kepentingan serta seluruh masyarakat Dompu.

Atas pencapaian tersebut saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wakil Bupati Dompu, pak Sekda beserta Pimpinan Perangkat Daerah dan jajaran dibawahnya.

Selama masa pemerintahan kami AKJ-SYAH, tidak luput dari kekurangan dan kesalahan, salah kata, salah sikap, salah tindakan dalam memimpin pembangunan dompu. Oleh karenanya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

“Saya bersama Wakil Bupati Dompu menegaskan kembali, siap bekerja semaksimal mungkin untuk memimpin pembangunan Dompu, melaksanakan tugas dan tanggungjawab, fokus, tulus, dan ikhlas melayani rakyat bekerja demi masyarakat bumi Nggahi Rawi Pahu dalam kondisi apapun”tegasnya

Acara berlangsung khusyu tertib dan lancar serta dihadiri oleh dihadiri Wakil Bupati Dompu; Jajaran Forkopimda Kabupaten Dompu; Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan Opd Serta Pejabat Struktural dan Fungsional Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu, Pimpinan Partai Politik Se-Kabupaten Dompu, Ketua TP. PKK. GOW, DWP, pimpinan BUMN/BUMD, Lurah/Kades, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta insan pers baik cetak maupun elektronik (imran)

scroll to top